Cara Alami Membuat Kulit Wajah Putih dan Halus

Banyaknya produk-produk pemutih kulit yang dijual di pasaran membuktikan bahwa sebagian besar wanita di negara kita lebih mengidamkan kulit putih. Apalagi dengan membanjirnya acara-acara televisi yang dibintangi oleh artis-artis Korea, yang notabene memiliki kulit putih dan terlihat mulus, membuat masyarakat Indonesia – terutama wanita – ingin juga memiliki kulit putih mulus seperti artis idamannya.

Untuk mendapatkan indari produk pemutih dengan bahan kimia berbahaya. Selain harganya lebih mahal, penggunaan bahan kimia yang salah bisa menyebabkan kerusakan kulit yang parah. Untuk itu, pilihan pertama haruslah penggunaan bahan alami – terutama bahan yang diolah sendiri. Meskipun hasilnya tidak begitu cepat, namun lebih aman dan alami.

Pada artikel kali ini AreaCewek.com mengulas beberapa cara alami untuk membuat kulit wajah menjadi putih dan halus. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat membaca.

Membuat Kulit Putih dengan Kulit Jeruk Kering dan Yogurt

kulit jeruk untuk memutihkan kulitBiasanya bagian kulit yang sering digunakan untuk mencerahkan kulit adalah sari jeruk, terutama jeruk nipis dan jeruk lemon. Namun ternyata kulit jeruk juga bisa berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Selain mudah diolah, kulit jeruk juga dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama, sehingga sangat cocok untuk dibawa bepergian.

Cara membuat pemutih kulit dan wajah dari kulit jeruk.

Cara memanfaatkan kulit jeruk untuk memutihkan dan mencerahkan kulit serta wajah juga cukup mudah. Kupas jeruk, manfaatkan sarinya (baik untuk kulit maupun untuk dikonsumsi), lalu pisahkan kulitnya.

  1. Jemur kulit jeruk ini di bawah sinar matahari hingga kadar air benar-benar habis.
  2. Kulit jeruk kemudian dapat ditumbuk hingga halus, atau dapat juga menggunakan blender kering.
  3. Gunakan ayakan untuk memastikan hasilnya benar-benar halus seperti tepung.
  4. Simpan dalam wadah kering dan tertutup rapat agar awet dan dapat digunakan sewaktu-waktu.

Cara menggunakan kulit jeruk untuk memutihkan kulit.

Bahan yang digunakan adalah tepung dari kulit jeruk yang sudah dibuat sesuai langkah sebelumnya, dan yogurt. Takaran tepung kulit jeruk dan yogurt adalah 1:1, artinya 1 sendok tepung kulit jeruk dicampurkan dengan 1 sendok yogurt. Gunakan yogurt plain (original atau tanpa rasa) untuk campuran ini.

Setelah yogurt dan tepung kulit jeruk dicampurkan rata, balurkan di wajah atau area kulit yang ingin dibuat lebih putih dan cerah, misalnya daerah lengan, atau untuk memutihkan ketiak. Diamkan selama 30 menit hingga terasa meresap dan mulai mengering, lalu bilas dengan air bersih.

Dengan cara ini, selain membuat kulit putih dan cerah, juga sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka seperti bekas luka jerawat hingga bekas stretch mark di sejumlah area kulit. Lakukan secara rutin 2 – 3 kali dalam seminggu agar hasilnya memuaskan.

Campuran Susu, Madu, dan Jeruk Lemon untuk Memutihkan Kulit

susu madu lemonSari jeruk lemon mengandung citric acid yang merupakan agen pencerah kulit yang sangat kuat. Madu mengandung anti inflamasi serta merupakan pelembab alami kulit. Sementara, susu mengandung lemak yang sangat baik untuk membuat kulit menjadi lebih halus dan lembab secara alami, selain itu juga mampu mencerahkan kulit. Campuran dari 3 bahan ini tentunya sangat baik digunakan untuk kulit, dan bekhasiat untuk mencerahkan kulit serta membuat kulit lebih halus, sekaligus untuk menyamarkan bekas luka.

Cara memutihkan dan mencerahkan kulit dengan susu, madu, dan jeruk lemon, adalah dengan cara mencampurkan ketiga bahan tersebut dalam takaran yang sama (1:1:1), hingga berbentuk pasta yang lembut. Pasta ini kemudian dibalurkan secara merata pada area wajah dan kulit. Diamkan selama 30 menit agar zat aktif dalam campuran bekerja di kulit, lalu bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Agar khasiatnya bisa dirasakan sempurna dan maksimal, gunakan secara rutin 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Campuran ini juga dapat digunakan sebagai bahan perawatan rutin untuk kulit, agar kulit senantiasa ternutrisi dengan baik.

Memutihkan Kulit dengan Jeruk Nipis dan Bengkoang

bengkoang dan jeruk nipis untuk pemutih kulitBengkoang dan jeruk nipis kaya akan vitamin C alami yang dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit serta menjaga kondisi sel kulit. Selain itu jeruk nipis juga mengandung citric acid yang sangat kuat sebagai pencerah kulit alami. Maka tidak heran jika bengkoang dan sari jeruk nipis merupakan bahan-bahan utama dalam perawatan kulit pada sejumlah negara di dunia.

Cara memutihkan kulit dengan bengkoang dan jeruk nipis.

Cara memutihkan dan mencerahkan kulit menggunakan bengkoang dan jeruk nipis juga cukup mudah, yaitu dengan langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan 1 umbi bengkoang berukuran sedang, kupas dan cuci hingga bersih.
  2. Parut bengkoang, dan peras untuk diambil sarinya.
  3. Sari bengkoang ini kemudian ditempatkan dalam wadah seperti gelas, dan didiamkan hingga 2 jam agar pati bengkoang terendap di dasar wadah.
  4. Apabila pati sudah terendap di dasar wadah, buang airnya agar pati bengkoang bisa digunakan.
  5. Pati ini kemudian dicampurkan dengan 2 sendok sari jeruk nipis.
  6. Gunakan campuran ini untuk dibalurkan di wajah dan area kulit yang ingin dibuat lebih cerah.

Tips:

  • Lakukan rutin 3 kali seminggu, agar khasiatnya bisa lebih maksimal.
  • Anda juga dapat menambahkan setengah sendok minyak zaitun atau madu pada campuran yang sudah dibuat, agar kulit lebih kencang dan awet muda.

Campuran pati bengkoang dan sari jeruk nipis ini apabila digunakan secara rutin akan membuat kulit lebih cerah dan tampak putih. Selain itu, juga sangat efektif untuk menyamarkan dan menghilangkan bekas luka jerawat atau bekas luka cacar.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam membuat pati bengkoang, untuk memutihkan kulit secara cepat dan simpel, Anda dapat menggunakan Masker Wajah Organik – Sari Bengkoang, yang merupakan masker yang dibuat dari bengkoang dan jeruk lemon. Klik di sini untuk informasi mengenai Masker Wajah Organik – Sari Bengkoang.

Memutihkan Kulit yang Terkena Sinar Matahari Menggunakan Kunyit, Tepung Kedelai, dan Yogurt.

kunyit untuk memutihkan kulitKunyit merupakan bahan dapur yang dapat sangat berguna bagi kulit. Kegunakan kunyit untuk kulit di antaranya adalah untuk membuat warna kulit lebih cerah. Selain itu, kegunaan lainnya dari kunyit untuk kulit adalah sebagai anti oksidan untuk melawan gangguan lingkungan terhadap kulit, termasuk mengurangi resiko kanker kulit.

Untuk orang-orang yang sering beraktivitas di luar, biasanya memiliki kulit yang lebih gelap dari biasanya. Untuk membuat kulit kembali putih dan cerah setelah terkena sinar matahari, bisa menggunakan kunyit yang dicampur dengan tepung kedelai dan yogurt. Cara ini cukup populer digunakan oleh masyarakat di India.

Berikut ini adalah memutihkan kulit setelah terkena sinar matahari:

  1. Campurkan seperempat sendok kunyit bubuk dengan 1 sendok tepung kedelai.
  2. Tambakan 1 sendok penuh yogurt plain, aduk hingga campuran berbentuk pasta.
  3. Balurkan pasta ini di wajah dan area kulit yang gelap akibat sinar matahari. Diamkan selama 30 menit.
  4. Bilas dengan air bersih hingga sisa-sisa pasta tidak lagi menempel di kulit.

Lakukan cara ini secara rutin 3 – 4 kali seminggu agar kulit segera kembali putih dan cerah dalam waktu yang relatif cepat.

Nah, demikianlah beberapa tips cara memutihkan kulit secara cepat dan alami. Semoga bermanfaat dan cocok buat Anda. Coba pula produk-produk pemutih kulit dari AreaCewek.com, yang telah terbukti aman dan efektif memutihkan kulit.

Selamat mencoba, dan tetap jaga kecantikan, karena kecantikan adalah anugerah Tuhan yang tak ternilai harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *