Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Efektif

Areacewek.com – Karang gigi merupakan salah satu masalah yang akan mengganggu penampilan kita. Karang gigi akan menimbulkan warna kuning hingga kehitaman di bagian bawah atau atas gusi. Penyebab utama munculnya karang gigi adalah sisa makanan yang menumpuk dan tidak dibersihkan hingga tuntas. Sisa makanan ini kemudian memicu timbulnya bakteri, sehingga terbentuklah karang gigi.

Siapa yang menyangka, hal sekecil ini jika disepelekan ternyata aka berdampak buruk bagi kesehatan kita? Karang gigi dapat menimbulkan bau mulut. Semakin besar ukuran karang gigi, maka akan semakin bau juga mulutnya. Hal ini disebabkan oleh sisa makanan yang menempel, kemudian membusuk, sehingga menimbulkan bau mulut.

cara cepat hilangkan karang gigiKarang gigi yang dibiarkan terlalu lama akan membesar dan masuk ke dalam gusi. Hal ini mengakibatkan terjadinya peradangan, sehingga jaringan perekat antara gigi dan gusi menjadi cepat rusak. Peradangan gusi ini biasanya ditandai dengan gusi berdarah, bengkak, dan sakit. Hal ini jika dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan berkurangnya daya rekat antara gusi dan gigi. Sehingga mengakibatkan gigi sakit saat digunakan untuk makan, dan gigi menjadi mudah tercabut jika digunakan untuk makan makanan yang keras.

Selain itu, karang gigi juga dapat menyebabkan timbulnya infeksi. Darah yang keluar dari gusi tadi, akan tercampur dengan kuman-kuman yang ada pada karang gigi. Hal ini apabila disepelekan akan menimbulkan infeksi di pembuluh darah. Infeksi ini jika dibiarkan akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada pembuluh darah jantung dan mata, sehingga memicu timbulnya penyakit jantung dan kebutaan.

Cara Efektif Membersihkan Karang Gigi.

Setelah mengetahui berbagai dampak yang muncul dari adanya karang gigi, membuat kita sadar akan pentingnya membersihkan karang gigi. Bagi anda yang malas membersihkannya ke dokter gigi, dapat melakukan beberapa cara ini di rumah. Cara membersihkan karang gigi, antara lain sebagai berikut:

Menggosok gigi

Rutin menggosok gigi akan memberikan dampak baik bagi gigi dan mulut. Menggosok gigi akan membuat sisa-sisa makanan di mulut akan mudah untuk dibersihkan. Sehingga sisa makanan yang terselip tidak menumpuk. Bagi anda yang memiliki karang gigi, dapat melakukan terapi menggosok gigi sebanyak 2 kali sehari, dan dilakukan terus menerus setiap hari. Cara menggosok gigi pun harus benar, yaitu dari atas ke bawah, sehingga sisa makanan yang terselip dapat keluar.

Gunakan pasta gigi khusus

Pemilihan pasta gigi akan mempengaruhi kesehatan gigi. Bagi anda yang ingin menghilangkan karang gigi dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung fluroid atau tartar control. Kedua zat ini dipercaya mampu menghilangkan munculnya karang gigi.

Mengkonsumsi buah-buahan seperti apel dan melon

Buah apel mengandung vitamin C, yang dapat membantu menghilangkan karang gigi. Mengkonsumsi apel secara rutin dapat memberikan hasil yang optimal terhadap gigi anda. Melon memiliki kandungan serat yang tinggi. Mengkonsumsi melon akan memperbaiki produksi air liur anda. Sehingga kebersihan mulut dan gigi anda menjadi terjaga.

Minum air putih

Begitu banyaknya manfaat air putih, ternyata juga bisa dirasakan oleh gigi kita. Air putih mampu melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Selain itu, air putih juga mampu membantu membersihkan karang gigi. Caranya yaitu dengan berkumur-kumur menggunakan air putih, setiap kali selesai makan.

Kurangi konsumsi gula dan tepung

Kedua sisa bahan makanan ini jika dibiarkan menumpuk dapat menyebabkan munculkan karang gigi. Sehingga kita perlu rajin membersihkannya setiap kali selesai makan. Bagi anda yang malas membersihkan, dapat menggantinya dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan tepung ini.

Demikianlah beberapa tips mengatasi karang gigi, yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Perlu diingat, bahwa tips di atas harus dilakukan secara rutin dan teratur, agar hasilnya bisa didapatkan secara maksimal. Bagi Anda yang ingin mendapatkan gigi putih alami secara tepat, AreaCewek.com sudah membahasnya pada tulisan sebelumnya: Cara Memutihkan Gigi dengan Norit Karbon Aktif. Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *