Cara Membuat Handbody Racikan Sendiri (Pelembab, Pemutih, dll.)

handbody racikan

AreaCewek.com – Salah satu bentuk perawatan kulit yang biasa kita lakukan adalah menggunakan handbody. Fungsi dari handbody sendiri adalah untuk menjaga kelembaban kulit agar tetap halus dan elastis. Sudah banyak bebagai produk handbody dengan merek dan aroma yang bermacam-macam di pasaran. Handbody yang ada di pasaran ini biasanya mengandung bahan kimia, yang belum tentu cocok untuk kulit kita. Handbody yang tidak cocok biasanya akan menimbulkan masalah pada kulit kita.

Sehingga, untuk menghindari hal tersebut munculah ide untuk membuat handbody racikan sendiri. Selain bahannya aman, aroma handbody juga dapat kita tentukan sendiri. Adapun cara membuat handbody racikan sendiri, antara lain adalah sebagai berikut.

Cara Membuat Handbody Racikan (Pemutih, Pelembab, dll.)

Bahan yang diperlukan cukup sederhana,yaitu beeswax atau lilin lebah madu dan minyak nabati. Beeswax merupakan salah satu hasil olahan dari peternakan lebah madu. bahan ini biasa digunakan sebagai campuran krim, lotion, maupun salep. Sementara minyak nabati yang digunakan dapat berupa minyak zaitun, minyak kelapa, atau dapat juga menggunakan minyak alpukat.

Langkah-langkah dalam membuatnya, pertama yaitu menyiapkan beeswax dan minyak nabati dengan perbandingan 1 : 1. Lelehkan beeswax yang berbentuk lilin di dalam wadah anti lengket dengan cara dipanaskan. Sementara itu, panaskan juga minyak nabati, selagi menunggu beeswax leleh sempurna. Setelah beeswax seluruhnya berbentuk cair, dan minyak nabati menjadi panas, campurkan kedua bahan tersebut. Gunakan wadah yang lebar agar kedua bahan tercampur secara merata.

Bagi anda yang menginginkan aroma tertentu pada handbody racikan ini, anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial dengan aroma sesuai keinginan anda ke dalam racikan ini. Aduk hingga semua bahan tercampur merata. Kemudian diamkan sejenak hingga racikan menjadi dingin. Racikan yang sudah dingin, dimasukkan ke dalam wadah dan ditutup rapat. Tahap pembuatan handbody racikan selesai, dan handbody siap untuk digunakan.

Perlu diperhatikan, dalam membuat handbody racikan ini teksturnya harus tepat. Handbody tidak boleh terlalu encer ataupun terlalu padat. Saat proses pencampuran beeswax dan minyak nabati perhatikan apakah racikan terlalu encer, jika terlalu encer anda dapat menambahkan sedikit demi sedikit beeswax. Sementara itu, jika racikan terlalu pada, anda dapat menambahkan minyak nabati sedikit demi sedikit.

Bagi anda yang memiliki jiwa berdagang, handbody racikan ini dapat menjadi salah satu produk yang akan anda jual. Cukup dibuat kemasan semenarik mungkin, dan disertai komposisi bahan yang digunakan. Hal ini akan menjadi salah satu daya tarik, karena produk yang anda jual berasal dari bahan alami.

Handbody ini biasanya berbentuk krim, tidak terlalu cair seperti yang ada dipasaran. Sehingga tersebut dapat menyebabkan handbody racikan lebih tahan lama dalam menjaga kelembaban kulit. Handbody racikan ini biasanya dapat bertahan hingga enam bulan. Kandungan nutrisi alami yang terdapat dalam handbody ini, membuatnya cocok digunakan pada berbagi jenis kulit. Sehingga fungsi handbody sebagai pelembab dan menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas dapat terwujud.

Handbody racikan ini juga aman digunakan oleh ibu dan bayinya. Adanya handbody ini, dapat membantu mengatasi stretch mark akibat melahirkan. Selain itu juga dapat menghilangkan bintik merah pada kulit bayi. Handbody ini dapat dioleskan ke seluruh tubuh, termasuk telapak kaki,  untuk mengatasi masalah telapak kaki dan tumit pecah-pecah. Penggunaan handbody ini akan membuat kulit lebih lembah, bersih, dan cerah.

Baca sumber: Cara Membuat Handbody Racikan Pelembab Kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *