Cara Membuat Masker Alpukat untuk Kulit Kering

masker alpukatMasker wajah atau facial mask adalah cara efektif untuk membersihkan kulit hingga ke pori-pori. Durasi pengaplikasiannya yang cukup lama (antara 10 menit sampai 1 jam) sangat membantu agar zat-zat gizi yang terdapat di dalam bahan masker diserap sempurna oleh kulit, sehingga manfaatnya dapat dirasakan seutuhnya.

Nah, bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, buah alpukat atau avocado dapat dijadikan bahan alami masker wajah kamu untuk mengatasi masalah kulit kering. Berikut ini adalah langkah-langkah mudah yang bisa kamu ikuti untuk membuat masker alpukat untuk wajah dan kulit kamu.

Cara Membuat Masker Wajah Avocado/Alpukat:

  1. Kupas 1 buah alpukat yang telah matang, ambil dagingnya, dan tekan-tekan dengan garpu hingga berbentuk krim kental. Alpukat mengandung vegetable oil (minyak nabati) alami yang dapat diserap sempurna oleh kulit, sehingga mampu mengatasi masalah kulit kering. Juga kaya akan kandungan potassium, yang merupakan mineral alami yang dibutuhkan oleh kulit.
  2. Tambahkan 1 sendok makan madu asli ke dalam krim alpukat tadi. Madu memiliki kemampuan untuk membunuh kuman di kulit dan mampu mengurangi inflamasi/pembengkakan, juga mengencangkan dan memberikan kekuatan pada kulit sehingga membuat kulit tampak lebih muda.
  3. Tambahkan 1 sendok makan yogurt plain (original) sebagai pembersih alami. Yogurt sudah digunakan oleh banyak produk-produk perawatan kulit. Yogurt juga mengandung asam laktik (lactic acid), yang dapat menghaluskan kulit degan mengencangkan tiap lapisan kulit dan mengecilkan pori-pori kulit.
  4. Setelah semua bahan tercampur, balurkan dengan pijatan lembut ke seluruh area wajah (kecuali daerah mata) dan leher. Diamkan selama 15 menit, agar sari-sari dan kandungan gizi dalam campuran masker dapat diserap sempurna oleh kulit.
  5. Pada bagian mata, tutup dengan masing-masing 1 irisan tipis mentimun. Mentimun bermanfaat sebagai pembersih dan pelembab alami, dan membantu mengatasi masalah lingkaran hitam pada area mata.
  6. Setelah 15 menit, bersihkan wajah dengan air hangat tanpa menggunakan sabun. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Tips:

  • Alpukat dapat berubah warna menjadi cokelat kehitaman dengan cepat, jadi simpanlah campuran masker wajah yang telah dibuat ke dalam wadah kedap udara, dan tempatkan di dalam refrigerator (kulkas).
  • Tambahkan tetesan jeruk lemon untuk menghindari perubahan warna alpukat menjadi hitam. Selain itu, tetesan jeruk lemon juga berkhasiat sebagai pembersih kulit.

Selamat mencoba tips cara membuat masker alpukat untuk kulit kering ini. Semoga bermanfaat buat pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *