Cara Membuat Rambut Berkilau seperti Basah dan Lembab

Membuat rambut terlihat basah, lembab, dan berkilau sebenarnya tidaklah susah. Caranya cukup dengan meningkatkan kesehatan rambut secara umum. Hal ini karena rambut yang tampak lembab dan berkilau adalah salah satu ciri utama rambut yang sehat. Ciri lainnya adalah bebas dari gangguan seperti gatal dan ketombe, serta terasa halus ketika disentuh.

Cara membuat rambut sehat dan membuatnya terlihat lembab berkilau cukup mudah. Anda bisa melakukannya dengan cara-cara perawatan rambut alami. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar rambut lebih sehat berkilau, terlihat lembab dan halus:

Menangani Rambut dengan Cara yang Tepat dan Benar.

Pertama adalah dengan melakukan penanganan yang benar terhadap rambut Anda, antara lain:

Kurangi dan hindari penggunaan alat perawatan rambut berpemanas.

Alat-alat seperti hair dryer dan setrika rambut (alat pelurus/pengkriting rambut) dapat membuat kerusakan rambut dalam jangka waktu yang lama. Sel-sel folikel rambut akan rusak apabila terpapar suhu panas yang keluar dari peralatan tersebut, sehingga folikel rambut tidak akan bekerja secara normal dan alami. Rambut yang sering menerima panas dari peralatan tersebut biasanya akan rentan mengalami kerusakan, pada ujung dan badan rambut.

keramas rambut rusak

Kurangi intensitas keramas Anda.

Jangan keramas menggunakan shampoo setiap hari. Kurangi penggunaan shampoo hingga 1 sampai 2 kali saja dalam seminggu.

Mengapa tidak boleh keramas menggunakan shampoo setiap hari? Bukan karena harga shampoo mahal, tentunya. Hehehe.. Tetapi karena penggunaan shampoo setiap hari akan membuat rambut kehilangan minyak alami yang dihasilkan sendiri oleh rambut. Minyak alami ini sangat tipis, berperan melapisi rambut dan mengunci kelembaban. Selain itu, minyak alami ini juga membantu membuat rambut terlihat berkilau.

Seperti tadi sudah disebutkan, bahwa penggunaan shampoo sebaiknya hanya 1 atau 2 kali saja dalam seminggu, kecuali kondisi rambut pada hari-hari tertentu sangat perlu dibersihkan, misalnya terkena debu setelah berolahraga dan beraktivitas di luar ruangan, atau ketika rasa gatal sudah mulai mengganggu di kulit kepala.

Hindari penggunaan pewarna rambut kimiawi.

Pewarna rambut mungkin menarik bagi sebagian orang untuk memperindah rambut, namun penggunaan pewarna rambut ini dapat merusak rambut dalam banyak aspek. Kandungan amonia pada pewarna rambut dapat secara total merusak folikel rambut, membuat rambut menjadi kaku, mudah kering, serta kehilangan kelembaban alaminya.

Potong ujung rambut.

Kerusakan rambut biasanya dimulai dari ujung rambut. Sel-sel rambut dan folikel mula-mula rusak biasanya terjadi pada ujung rambut, dan terus rusak ke arah badan dan akar rambut. Untuk itu, sebelum kerusakan menjalar ke badan rambut, sebaiknya potong ujung rambut secara rutin.

Lakukan pemotongan ujung rambut minimal 1 kali setiap 3 bulan, agar kerusakan rambut tidak menjadi parah. Dengan rambut yang telah terpotong bagian ujungnya, akan mempermudah perawatan rambut.

Lakukan perawatan rambut menggunakan bahan alami.

Selain menangani rambut secara benar, berikutnya adalah dengan merawat rambut menggunakan bahan-bahan alami. Meski di toko-toko maupun toko kosmetik bisa mudah ditemukan berbagai produk perawatan rambut, sebaiknya tetap memprioritaskan penggunaan bahan-bahan alami. Selain juga mudah ditemukan, penggunaan bahan alami ini akan mengurangi atau menghindarkan rambut dari perawatan dari bahan kimiawi.

masker rambut alpukatPerawatan rambut dengan bahan alami, antara lain:

Merawat rambut dengan minyak nabati.

Perawatan alami yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan minyak nabati. Anda dapat menggunakannya secara langsung, dengan cara dioles dan dipijatkan di kulit kepala, lalu tutupi rambut dan kepala menggunakan shower cap atau handuk lembab. Diamkan selama minimal 2 jam, lalu bilas dan keramas seperti biasa.

Cara lainnya adalah dengan memanaskan minyak nabati hingga suhu cukup hangat, lalu digunakan seperti langkah di atas untuk pijat rambut dan kepala.

Minyak nabati yang bisa Anda gunakan pada langkah ini, di antaranya:

  • Minyak alpukat, cocok untuk digunakan pada rambut kering dan kusam. (klik di sini untuk info cara mendapatkan minyak alpukat);
  • Minyak zaitun atau olive oil, untuk semua tipe rambut;
  • VCO atau minyak kelapa. Baca artikel terkait: cara membuat vco dan minyak kelapa.

masker pisang untuk rambut

Merawat rambut dengan masker pisang.

Perawatan alami untuk rambut yang bisa Anda coba juga adalah dengan membuat dan menggunakan masker buah pisang. Masker rambut dari pisang sangat berkhasiat untuk menjaga rambut tetap sehat, lembab, dan terlihat lebih tebal. Masker rambut dari pisang ini juga sangat ampuh membuat rambut terlihat lebih berkilay.

Baca artikel terkait: Cara Membuat Masker Pisang.

Membuat masker alpukat untuk rambut kering dan rusak.

Selain menggunakan minyak alpukat untuk merawat rambut, seperti yang sudah dijelaskan langkah-langkahnya di atas, Anda juga dapat menggunakan buah alpukatnya langsung, sebagai masker untuk rambut Anda. Masker rambut dari buah alpukat ini sangat tepat untuk digunakan pada rambut yang super kering, dan kusam. Kandungan lemak alami pada daging buah alpukat membantu menjaga dan mengunci kelembaban rambut, tanpa mengikis minyak alami yang dihasilkan oleh folikel rambut.

Baca artikel yang menjelaskan langkah-langkah pembuatannya: Cara Membuat Masker Rambut Buah Alpukat.

Mengkonsumsi suplemen dan vitamin untuk rambut.

suplemen rambutHal yang juga perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan rambut sehat, terjaga kelembaban dan kehalusannya, adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi Anda. Bila perlu, bantu dengan asupan suplemen makanan dengan nutrisi seimbang. Suplemen makanan dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kilau rambut, antara lain:

  • Vitamin E, membantu menjaga kesehatan rambut secara umum.
  • Minyak omega-3; dan
  • Minyak ikan.

Asupan suplemen ini sudah bisa Anda dapatkan di toko-toko dan apotek terdekat di kota Anda.

***

Ternyata membuat rambut sehat, terlihat lembab, berkilau serta terasa lebih halus, bisa dilakukan dengan sangat mudah, bukan? Selamat mencoba tips-tips di atas. Tuliskan pula komentar dan pengalaman Anda pada kolom yang tersedia di bawah artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *