Cara Mengobati Retak pada Tumit Secara Alami

mengobati kulit kaki pecah-pecah

AreaCewek.com – Memiliki kaki yang indah adalah dambaan setiap orang. Ternyata keindahan tersebut terkadang terganggu oleh tumit yang mulai retak-retak. Hal ini ditandai dengan kondisi kulit yang mulai kering, kemudian lama kelamaan akan terjadi keretakan dan pengelupasan pada tumit. Kulit kering ini biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin, mineral, zat besi, dan asam lemak omega 3.

Kulit yang tebal dan lentur memiliki kemungkinan kecil mengalami retak-retak pada tumit. Adapun penyebab retaknya kulit pada tumit antara lain seringnya membiarkan kaki dalam keadaan basah, cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas, dan faktor keturunan. Sering menggunakan air hangat pada saat mandi, ternyata juga mampu menyebabkan terjadinya tumit retak.

Tumit yang retak, dapat memicu terjadinya berbagai infeksi kulit, termasuk munculnya jamur. Hal itu tentunya akan sangat mengganggu kesehatan kita. Sehingga perlu dilakukan cara untuk mencegah dan mengatasi terjadi retak pada kulit.

Cara Mengatasi Kulit Tumit Pecah-pecah.

Adapun cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

Menggunakan pisang.

Caranya dengan menghaluskan pisang menggunakan blender. Setelah halus, jus pisang dioleskan pada tumit. Diamkan selamat 10 menit. Kemudian bilas kaki menggunakan air bersih. Melakukan cara ini secara teratur, dapat membuat tumit menjadi lembut dan jauh dari keretakan.

Menggunakan lemon.

Cara melakukannya adalah dengan memasukkan kaki ke dalam air yang sudah diberikan perasan buah lemon. Rendam air sampai sekitar 10 menit, sambil dilakukan penggosokan perlahan-lahan. Setelah 10 menit, kaki diangkat kembali dan dibilas dengan menggunakan air bersih. Tambahkan juga pelembab kaki setelah dilakukan pembilasan, jika memang diperlukan.

Kandungan vitamin yang terdapat pada buah lemon dapat mengangkat sel-sel mati dan memberikan nutrisi pada kulit.

Menggunakan Lulur Organik.

Lulur Organik dibuat dari beras dan bengkoang, serta susu dan jeruk nipis. Selain itu, juga terdapat kandungan vitamin E dari minyak zaitun. Perpaduan bahan-bahan ini dapat membantu dalam mengatasi masalah kulit tumit dan telapak kaki yang pecah-pecah.

Scrub dari Lulur Organik yang terbuat dari beras dapat membantu mengikis sel kulit mati, sementara vitamin C dari bengkoang dan jeruk nipis mencegah kerusakan kulit. Susu dan minyak zaitun (vitamin E) membantu melembabkan kulit dan meningkatkan proses regenerasi sel kulit.

Lulur Organik bisa didapatkan di sini.

Menggunakan pepaya.

Sama halnya dengan buah pisang, pepaya ini di hakuskan terlebih dahulu. Oleskan pada kaki, dan pijat secara perlahan agar kandungan zat dalam pepaya dapat meresap ke kaki kita. Diamkan sebentar, kemudian bilas dengan air bersih. Pemakaian teratur dapat mencegah terjadinya keretakan pada kaki.

Menggunakan alpukat.

Buah alpukat mengandung banyak vitamin E dan kandungan lemak yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Cara ini dapat dilakukan dengan mengambil daging buah alpukat, kemudian dihaluskan. Setelah itu, oleskan alpukat yang telah halus pada tumit kita, jangan lupa sambil memijatnya pelan-pelan. Diamkan sekitar 20 menit, kemudian bilas dengan air.

Selain menggunakan buah alpukatnya secara langsung seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara lainnya (dan lebih mudah) adalah dengan menggunakan minyak alpukat. Minyak alpukat memiliki khasiat yang lebih hebat, karena dihasilkan dari essence buah alpukat. Cukup dengan mengoleskan minyak alpukat secara rutin, masalah pecah-pecah di kulit kaki bisa cepat teratasi.

Minyak Alpukat yang bagus bisa Anda dapatkan di sini.

Menggunakan garam dan kelapa parut.

Langkah pertama yaitu, kelapa diparut, kemudian dicampur dengan satu sendok teh garam. Selanjutnya, bersihkan tumit terlebih dahulu, kemudian gosokkan campuran kelapa dan garam tadi pada tumit yang retak. Diamkan sebentar. Kemudian bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan hal ini 3 kali dalam satu minggu untuk memperoleh hasil yang optimal.

Menggunakan minyak sayur.

Minyak ini dapat berupa minyak kelapa, minyak wijen, atau minyak zaitun. Perawatan ini biasanya dilakukan pada malam hari. Caranya dengan menggosok tumit dengan menggunakan batu apung terlebih dahulu. Kemudian, oleskan minyak pada tumit yang retak setelah itu gunakan kaos kaki yang bersih.

Cara lainnya untuk mengatasi masalah kulit kaki pecah-pecah

  • Menggunakan susu dan madu.
    Caranya mudah, yaitu hanya dengan merendam kaki pada campuran susu dan madu selama 15 menit. Kemudian gosok hingga meresap ke dalam kulit, dan bilas jika sudah selesai. Cara ini dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya tumit retak.
  • Merendam kaki.
    Kita cukup merendam kaki selama 10 menit sebelum tidur. Kaki direndam ke dalam campuran minyak mineral dan air hangat. Kemudian, kaki digosok-gosok agar kotoran dan sel-sel kulit mati hilang. Terkhir, bersihkan kaki dengan menggunakaan air hangat.

Nah, demikianlah beberapa cara mengatasi masalah kulit tumit dan kulit kaki pecah-pecah. Selamat mencoba. Semoga tips-tipsnya bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *