Cara Pengurusan Izin BPOM Produk Kosmetik

May 4th, 2013 4 Comments

 

Untuk mendapatkan izin BPOM produk kosmetik, sebagai bukti legal bahwa produk layak dan aman digunakan, harus melalui beberapa proses. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara pengurusan izin BPOM untuk produk kosmetik, apa-apa yang dibutuhkan, serta di mana tempat mengurusnya.

Cara Pengurusan Izin BPOM Produk Kosmetik

Pendaftaran izin BPOM sekarang sudah lebih mudah. Tidak perlu lagi datang ke kantor Balai Pengawasan Obat dan Makanan, melainkan dengan cara online yaitu di situs notifkos.pom.go.id. Cara ini tentunya sangat memudahkan, dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, seperti biaya transportasi, dll. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

Persyaratan Pengurusan Izin BPOM

  1. Akta Usaha
  2. SITU (Surat Izin Tempat Usaha) atau Izin Gangguan (IG) untuk industri kosmetik.
  3. Izin industri, yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan setempat, atau Dinas Perindustrian.
  4. Memiliki minimal 1 orang apoteker yang bertanggung jawab atas penggunaan bahan kimia di dalam produk.
  5. Melampirkan foto copy KTP pemilik usaha.
  6. Melampirkan foto copy KTP apoteker.
  7. Melampirkan foto copy ijazah apoteker.
  8. Melampirkan surat izin apoteker.
  9. Melampirkan surat keterangan uji lab produk.
  10. Surat keterangan merk, paten, dll. (jika ada)
  11. Melampirkan sampel produk, beserta isi dan desain kemasan, lengkap.

Prosedur Pendaftaran Izin BPOM Produk Kosmetik

Setelah persyaratan di atas lengkap, yang harus dilakukan adalah mendaftarkan akun di situs notifkos.pom.go.id, dengan mengupload beberapa persyaratan yang dibutuhkan, seperti di atas. Setelah itu, BPOM akan melakukan validasi data dan dokumen yang dimasukkan.

Setelah data dan dokumen tervalidasi, akun segera aktif dan bisa digunakan untuk mendaftarkan produk. Daftarkan produk Anda, dengan menyertakan data-data lainnya yang belum dimasukkan.

Setelah itu, Anda juga perlu mengirimkan sampel produk ke BPOM, bisa langsung ke alamat BPOM Pusat (Jakarta), atau BPOM Wilayah kerja (provinsi masing-masing). Pengiriman sampel produk ini untuk keperluan uji lab ulang di laboratorium BPOM.

Setelah semua prosedur dijalankan lengkap, dan produk terbukti aman, Anda akan diberikan nomor izin BPOM untuk produk Anda.

Berapa lama proses hingga izin BPOM selesai?

Prosesnya tergantung pada banyaknya produk yang masuk. Bisa antara 2 minggu hingga 4 bulan. Beberapa mengatakan, agar izin lebih cepat diproses, sampel produk sebaiknya langsung dikirimkan ke BPOM Pusat.

 

Semoga artikel mengenai cara pengurusan izin BPOM produk kosmetik ini bermanfaat buat Anda. Bagi yang ingin mendapatkan informasi mengenai cara pengurusan izin BPOM untuk produk makanan, artikel akan dibahas setelahnya.

Selamat melanjutkan aktivitas.

Tags:

cream wajah area cewek, merk masker muka yang jelas aman bagi bpom, apa garnier krim yg dilarang bpom com, merek pemutih muka yg halal, merk krim yang terbukti memutihkan wajah, merk pemutih wajah dan aman menurut bpom, merk pemutih wajah yang aman, merk pemutih wajah yang aman menurut bpom, prodak dinas, Produk Dnas sesuai untuk jenis kulit ?
 

Ingin wajah Anda lebih putih, kencang, dan bebas jerawat?

Masker Wajah Organik adalah masker pemutih wajah, yang dapat dengan cepat memutihkan kulit wajah, membersihkan dan menghilangkan noda hitam, mengobati jerawat, mengencangkan, dan menjaga kesehatan kulit wajah. 100% alami dan aman untuk segala usia.

Klik di sini untuk info lebih lanjut mengenai Masker Wajah Organik


Ingin kulit wajah dan tubuh Anda tampak lebih putih alami?

Lulur Pemutih Organik adalah lulur pemutih, yang sangat efektif untuk memutihkan dan mencerahkan kulit tubuh Anda, mengangkat kotoran, mengencangkan, dan menjaga kesehatan kulit. 100% alami, dan telah dibuktikan oleh banyak orang di seluruh Indonesia.

Klik di sini untuk info lebih lanjut mengenai Lulur Pemutih Organik

   

4 Comments to “Cara Pengurusan Izin BPOM Produk Kosmetik”

  1. windalfin says:

    Saya ingin bertanya. Untuk perijinan produk seperti Acne patch dari nexcare. Apakah menggunakan perijinan BPOM atau perijinan lainnya?

    Thanks

  2. cholil suhono says:

    Saya mau tanya, kalau untuk perijinan obat-obatan herbal saratnya apa aja ya,? mohon dapat diberikan penerangan dan saran nya.

    Terima kasih
    BR
    Cholil

  3. susi salsiah says:

    saya mau tanya, izin apa yang harus saya urus, jika bahan baku produksi (extract) di import dari korea dan untuk proses pengemasan dan peredaran adalah di indonesia.

    thanks
    susi

  4. Dameria says:

    Saya saat ini bermasalah ketika mengimpor produk kosmetik (SKII) untuk pemakaian sendiri melalui online. total pembelanjaan pun hanya sekitar Rp450ribu. Saya dikirimkan surat dari bea cukai untuk ijin pemakaian kosmetik tersebut. Tolong penjelasannya bagaimana saya dapat mengambil barang saya tersebut dari Bea Cukai, surat ijin apa yang mesti saya urus dan bagaimana cara mengurusnya.

    Terima kasih,
    Ria

Leave your comment here: