Cara Tepat Mengobati Panu dan Gatal Jamur di Kulit

AreaCewek.com – Salah satu penyakit kulit yang sudah tidak asing lagi di masyarakat adalah panu. Penyakit ini disebabkan oleh jamur bernama Candida. Jamur ini biasanya muncul di tempat yang memiliki cuaca panas. Penyakit ini muncul dengan tanda-tanda bercak putih yang disertai gatal. Panu sering kali muncul pada orang yang kurang memperhatikan kebersihan tubuhnya, tetapi tidak menutup kemungkinan juga akan muncul pada orang yang telah menjaga kebersihan tubuhnya.

Faktor pendukung munculnya panu antara lain kulit yang berminyak. Sehingga dalam hal ini kita dianjurkan untuk rajin membersihkan diri. Panu juga didukung oleh kulit yang cenderung mengeluarkan keringat berlebihan dan juga dapat disebabkan oleh ketidakmampuan sistem imun seseorang, sehingga ia mudah terserang jamur. Penggunaan obat-obat tertentu juga dapat mendukung timbulnya panu.

Panu biasanya muncul di kulit bagian atas dada, lengan, perut, betis kaki, leher, ketiak, lipatan paha, wajah, dan kepala. Penyakit ini sering kali datang menghampiri bagian kulit yang sering terkena keringat. Panu sering kali mengganggu penampilan seseorang.

Sejumlah cara alami mengatasi panu dan gangguan kulit akibat jamur.

Adapun cara menghilangkan panu secara alami adalah sebagai berikut.

Menggunakan lengkuas.

Selain sebagai bahan bumbu dapur, lengkuas juga dapat digunakan untuk obat panu. Caranya yaitu lengkuas dicuci bersih terlebih dahulu. Potong lengkuas menjadi beberapa bagian. Gosokkan daging lengkuas tersebut para permukaan kulit yang terkena panu. Cara ini dapat dilakukan sehabis mandi. Selain itu ada cara lain lagi yaitu lengkuas diparut, kemudian diperas. Air hasil perasan tadi dioleskan ke kulit yang terserang panu. Lakukan secara rutin sampai panu menghilang.

Menggunakan bawang putih.

Caranya hampir sama dengan lengkuas. Bawang putih dikupas, kemudian dipotong kecil-kecil. Potongan bawang putih tadi kemudian ditempelkan pada kulit yang terkena panu. Perawatan ini dapat dilakukan setelah selesai mandi.

Menggunakan jeruk nipis.

Caranya sangat mudah, yaitu cuci bersih jeruk nipis yang masih segar. Kemudian potong jeruk menjadi dua bagian. Potongan jeruk tadi dioleskan pada bagian kulit yang terkena panu. Selain untuk mengobati panu, jeruk nipis ini juga dapat mencerahkan kulit.

Menggunakan belerang.

Menghilangkan panu dan berbagai gangguan kulit menggunakan belerang, merupakan cara yang paling sering dilakukan. Caranya yaitu belerang ditumbuk hingga halus. Setelah semua belerang halus, campurkan jeruk nipis dan minyak kelapa. Setelah tecampur merata, oleskan campuran tadi pada bagian kulit yang terkena panu. Belerang dipercaya mampu mengatasi panu karena kandungan mineral yang ada di dalam belerang dapat menghilangka jamur penyebab panu.

Menggunakan belimbing wuluh.

Caranya, belimbing wuluh dicuci terlebih dahulu. Setelah bersih, belimbing wuluh dihaluskan dan dicampur dengan air kapur sirih. Kemudian aduk hingga merata. Oleskan campuran yang sudah jadi ini pada bagian kulit yang terkena panu.

Selain menggunakan bahan-bahan alami, panu juga dapat diatasi dengan melakukan kebiasaan-kebiasan baik dalam kehidupan sehari-hari. Panu dapat diatasi jika kita senantiasa memperhatikan kesehatan kulit, antara lain dengan cara mandi secara teratur. Penggunaan pakaian juga harus diperhatikan. Biasakan menggunakan pakaian yang dapat menyerap keringat. Selain itu, pakaian juga harus disimpan di tempat yang kering.

Panu juga dapat dihindari dengan cara tidak menggunakan pakaian secara bergantian dengan orang yang menderita panu. Bagi anda para wanita, sebaiknya tidak menggunakan produk kecantikan yang mengandung banyak minyak. Hal ini merupakan salah satu cara meminimalkan terjadinya panu. Selain itu, hindari juga terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama, hal ini untuk mencegah munculnya panu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *