Ciri Sistem Imun Lemah, Lihat Tanda-tanda Berikut

Pada umumnya, orang dewasa mengalami flu setidaknya hanya sekali dua kali dalam satu tahun. Namun, bagaimana jika kamu malah menderita flu bisa lebih dari jumlah tersebut? Atau, bahkan kamu sangat rentan diserang oleh penyakit tertentu? Wah, kalau sudah begitu, tubuh kamu bisa jadi dalam keadaan yang tidak sehat alias sistem imum yang melemah. Beberapa gejala penyakit tersebut bisa jadi ciri sistem imun lemah.

Sebagai contoh: Bulan ini kamu pilek, bulan depan kamu terserang demam, kemudian dua bulan lagi kamu malah mengalami batuk-batuk. Tentu saja keadaan tersebut begitu menyiksa, bukan? Oleh sebab itu, waspadalah! Kamu perlu lebih memerhatikan lagi kondisi tubuh kamu. Nah, bagaimana caranya? Mari lihat tanda-tanda berikut yang jadi ciri sistem imun lemah. Dengan begitu, penanganan yang tepat segera bisa diusahakan. Jangan lupakan BPJS Kesehatan ya, pastikan kamu sudah mendaftarkan diri dan membayar iurannya setiap bulan.

Ciri Sistem Imun Lemah

  1. Kelebihan gula dalam tubuh

Kelebihan gula dalam tubuh malah kurang baik. Kamu pasti sudah tidak asing mendengar penelitian mengenai dampak gula dalam tubuh yang tidak begitu baik, apalagi kalau berlebihan. Mengonsumsi gula terlalu banyak dapat menyebabkan penyakit diabetes. Namun tidak hanya itu, konsumsi gula secara berlebihan bisa mengurangi kemampuan sel darah putih untuk melawan kuman.

  1. Rongga hidung jadi terlalu kering

Rongga hidung yang terlalu kering ternyata sama tidak baiknya dengan rongga hdiung yang berlendir dan tersumbat karena pilek. Lendir pada rongga hidung bertugas untuk ‘menahan’ virus dan membersihkannya. Jadi, jika rongga hidup dalam keadaan terlalu kering – itu bisa jadi tanda bahwa kondisi tubuh sedang tidak sehat. Tubuh akan lebih mudah diserang penyakit karena tidak adanya perlawanan dari rongga hidung. Sementara itu, rongga hidung sendiri sering kali adalah salah satu bagian tubuh yang mudah diserang kuman penyakit.

  1. Berat badan bertambah

Jika selama ini berat badan atau indeks massa tubuh yang kamu miliki dalam keadaan normal dan kemudian malah tiba-tiba bertambah, bertanyalah pada diri sendiri. Indeks massa tubuh yang melebihi 40 hanya akan membuatmu mengalami ketidakseimbangan hormon, mengganggu sistem imun tubuh dan juga menyebabkan peradangan.

  1. Air seni mengeruh

Coba lebih peka terhadap keadaan tubuhmu, termasuk juga air seni. Air seni umumnya jadi salah satu bagian yang jadi tanda apakah tubuh sedang sehat atau tidak. Apabila air seni berwarna keruh, itu tandanya kamu kurang minum. Sebagai informasi saja, air putih berfungsi sebagai detoksifikasi alias mengeluarkan racun. Jadi, cukup minum akan membuat tubuh dalam mode yang tangguh. Urin yang baik adalah urin berwarna kuning muda jernih atau jernih.

  1. Sering uring-uringan

Ciri sistem imun lemah yang lainnya adalah seseorang sering uring-uringan, biasanya karena stres. Makanya, tidak jarang seseorang malah tiba-tiba terserang flu ketika pekerjaannya menumpuk. Ini karena stres bisa mengakibatkan flu dan kemudian menurunkan daya tahan tubuh kamu. Awalnya flu, kalau tidak diatasi maka bisa menyebabkan penyakit lainnya. Yang ada malah dirawat di rumah sakit.

Memang terkadang penyakit tidak bisa ditahan. Sudah berusaha untuk mencegah tetap saja sakit. Itu normal. Namun usaha kamu untuk menjaga kesehatan tidak sia-sia, ya setidaknya tidak mengalami penyakit kronis akibat gaya hidup yang tidak sehat. Meski begitupun, pastikan diri kamu sudah mendaftar BPJS ya. BPJS sekarang juga bisa digunakan untuk pemeriksaan kesehatan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *