Gigi Putih Alami dengan Norit atau Karbon Aktif

Kebiasaan minum teh, kopi, minuman bersoda, hingga kurang rutin menggosok gigi, bisa meninggalkan noda kekuningan di gigi. Hal tersebut menyebabkan gigi kehilangan warna alaminya. Perubahan warna gigi tersebut terjadi akibat kalsium pada gigi secara perlahan dan terus-menerus menyerap zat warna yang terdapat pada minuman dan makanan, serta pada plaque yang menempel pada gigi, sehingga warna gigi yang aslinya adalah putih, menjadi lebih kekuningan.

Untuk mendapatkan warna gigi kembali putih, ada banyak cara yang bisa ditempuh, antara lain adalah dengan menggosok gigi secara rutin menggunakan pasta gigi berpemutih. Cara lainnya adalah dengan menggunakan alat dan zat pemutih gigi yang khusus, yang bisa didapatkan di apotek atau dengan meminta resep pada dokter gigi. Harganya tentu lebih mahal, namun hasilnya biasanya lebih cepat dan sangat positif.

Namun sebenarnya ada cara yang simpel dan murah, yang bisa Anda lakukan agar gigi bisa kembali putih berkilau, yaitu dengan menggosok gigi menggunakan karbon aktif Norit. Berikut ini ulasannya.

memutihkan gigi menggunakan norit

Memutihkan Gigi dengan Norit (Karbon Aktif)

Norit adalah salah satu merk produk karbon aktif atau activated charcoal atau biasa juga disebut activated carbon. Karbon aktif sendiri adalah arang hasil pembakaran dari materi yang bisa membentuk arang, seperti tempurung kelapa, sejumlah jenis kayu, dan lain sebagainya. Karbon aktif ini memiliki partikel yang sangat kecil dengan daya resap tinggi, yang mampu menyerap dan mengikat berbagai jenis zat kimia organik maupun anorganik di sekitarnya. Karena kemampuannya menyerap berbagai zat tersebut, karbon aktif bisa digunakan pada berbagai bidang keperluan, misalnya untuk membersihkan bahan tertentu, menetralisir dan menjernihkan air, hingga penggunaan pada bidang medis. Norit sendiri digunakan pada bidang medis, yaitu untuk mengatasi gangguan di perut akibat keracunan, salah makan, diare, dan gangguan di perut lainnya.

Penggunaan karbon aktif Norit untuk memutihkan gigi juga sebenarnya dengan memanfaatkan kemampuan partikel karbon aktif ini dalam menyerap berbagai zat kimia. Ketika karbon aktif ini menempel di gigi, secara cepat partikel-partikelnya menyerap berbagai zat warna, kotoran, dan plaque, yang menempel pada gigi, sehingga secara efektif mengembalikan warna alami gigi. Hebatnya, partikel karbon aktif ini tidak menempel dan tinggal di gigi, sehingga relatif aman digunakan. Berbagai merk pasta gigi kini juga telah banyak menggunakan karbon aktif sebagai bahan aktifnya.

Bagaimana Cara Menggunakan Norit untuk Memutihkan Gigi?

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana cara memutihkan gigi menggunakan karbon aktif Norit ini. Berikut ini yang perlu Anda lakukan.

Siapkan bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan:

  • 4 butir/tablet Norit
  • 1 sendok teh minyak zaitun atau minyak kelapa
  • Air untuk berkumur
  • Sikat gigi
  • Wadah/piring plastik
  • Sendok

Cara Membuat Pasta Karbon Aktif untuk Memutihkan Gigi

Berikut ini langkah-langkah membuat pasta pemutih gigi dengan Norit karbon aktif:

cara memutihkan gigi menggunakan norit

  1. Tempatkan Norit pada wadah plastik, tambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa.
  2. Gunakan dasar sendok untuk menghancurkan tablet Norit hingga halus dan tercampur dengan minyak hingga berbentuk pasta.
  3. Ambil sikat gigi, lalu gunakan pasta Norit yang sudah dibuat tadi, sebagai pasta gigi.
  4. Sikatlah gigi Anda seperti biasa, selama 2 – 3 menit. Jangan khawatir dengan warna hitam pekat ketika berkumur. Hal ini normal, karena merupakan warna alami karbon aktif (arang).
  5. Berkumurlah hingga bersih.

Lakukan setiap hari 1 kali, hingga terlihat perubahan warna pada gigi Anda.

Penggunaan karbon aktif untuk menggosok gigi relatif aman, bahkan bisa dikatakan lebih aman dibanding menggunakan pasta gigi, karena tidak menggunakan zat sabun (detergent). Hasil yang didapatkan juga bisa lebih cepat, karena kemampuan karbon aktif yang sangat hebat dalam menyerap zat-zat kimia serta zat warna yang menempel di gigi. Tidak hanya zat kimia, karbon aktif juga bekerja menyerap kotoran dan kuman yang berada di sekitar mulut, sehingga membantu mencegah sejumlah gangguan, seperti bau mulut hingga sakit gigi.

Tips:

Jangan menggosok gigi terlalu kuat, agar gusi tidak luka.

Gunakan penyegar nafas alami setelah menggosok gigi agar nafas kembali segar, serta memberikan rasa nyaman setelah menggosok gigi.

Selamat mencoba. Semoga hasil yang didapatkan bisa memuaskan dan gigi Anda kembali ke warna aslinya. Selain memutihkan gigi, baca pula cara memutihkan kulit menggunakan bengkoang. Rawat pula telapak kaki Anda agar tidak pecah-pecah. Baca tips menghaluskan telapak kaki dengan cara alami, cukup menggunakan scrub dari garam dan minyak zaitun, lho!

One thought on “Gigi Putih Alami dengan Norit atau Karbon Aktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *