Kebiasaan yang Sering Menyebabkan Jerawat

penyebab jerawat

AreaCewek.com – Jerawat adalah salah satu masalah yang sering dialami para remaja. Penampilan menjadi kurang percaya diri ketika melihat ada jerawat yang muncul di wajah. Kemunculan jerawat menjadi sangat mengganggu bagi sebagian besar orang dalam menjalankan aktivitasnya. Sehingga munculah keinginan mereka untuk melakukan berbagai cara menghilangkan jerawat.

Sebelum kita menghilangkan jerawat ini, ada baiknya kita mengetahui apa sebenarnya penyebab munculnya jerawat. Tanpa kita sadari, ternyata kebiasaan buruk kita dapat memicu munculnya jerawat. Adapun kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah sebagai berikut.

Stress. Hormon stress menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Stress yang terlalu tinggi dapat memicu timbulnya jerawat. Sehingga sangat disarankan agar kita dapat mengatur emosi. Hal ini dilakukan agar kita tidak mudah stres. Sehingga dapat mencegah munculnya jerawat.

Terlalu sering mencuci muka. Kita memang dianjurkan untuk rajin mencuci muka. Ternyata mencuci muka yang terlalu sering juga dapat memberikan dampak buruk bagi wajah itu sendiri. Mencuci muka yang terlalu sering akan membuat kelenjar minyak bekerja lebih aktif, sehingga kadar minyak yang dihasilkan menjadi lebih banyak, dan dapat mendorong terbentuknya jerawat. Sebaiknya mencuci muka maksimal cukup 2 kali sehari, untuk menghindari munculnya jerawat.

Penggunaan kosmetik. Alangkah baiknya sebelum menggunakan kosmetik kita baca dahulu mengenai komposisi atau aturan pakainya. Hal ini untuk menghindari terjadinya ketidakcocokan terhadap bahan-bahan kosmetik tertentu, yang pada akhirnya hanya akan menyebabkan jerawat dan iritasi.

Terlalu sering menyentuh wajah. Tangan yang tidak bersih akan menyebarkan bakteri kuman ke wajah kita. Hal ini akan memicu timbulnya jerawat. Terlebih lagi pada wajah yang sudag berjerawat, dapat memungkinkan jerawat menjadi semakin bertambah. Sehingga dalam hal ini kita disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah.

Terlalu banyak merokok. Siapa yang menyangka bahwa merokok dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Menurut hasil penelitian, orang yang memiliki kebiasaan merokok mempunyai resiko lebih besar untuk timbulnya jerawat di wajah, dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Hal itu menunjukkan bahwa sebaiknya kita tidak mengkonsumsi rokok agar kita memiliki wajah yang bersih tanpa jerawat.

Malas membersihkan keringat. Setelah melakukan berbagai aktivitas, terkadang kita leleh dan mengeluarkan keringat. Ternyata keringat ini tidak dapat dianggap sepele. Keringat mengadung bakteri yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Sehingga setiap kali kita berkeringat, sangat disarankan untuk tidak malas membersihkannya. Hal ini untuk menghindari munculnya jerawat di wajah.

Pola makan yang kurang tepat. Pemilihan makan yang dikonsumsi hendaknya diperhatikan betul. Seringnya menkonsumsi makanan tidak sehat, seperti makanan yang diawetkan, minuman bersoda, makanan berlemak, dan makanan yang mengandung kadar gula tinggi dapat memicu munculnya jerawat. Sehingga perlu diwaspadai ketika mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut.

Malas keramas. Kebiasaan ini akan mengakibatkan kulit kepala menjadi berminyak. Minyak yang dihasilkan ini lama kelamaan akan mengalir ke wajah, dan bercampur dengan kotoran-kotoran di wajah. Hal ini akan menyebabkan penyumbatan di pori-pori kulit. Sehingga menimbulkan kemungkinan besar munculnya jerawat. Keramas sebaiknya 2 hari sekali, agar rambut tidak cepat berminyak.

Lupa membersihkan wajah. Setelah capek seharian beraktivitas, sering kali kita lupa untuk membersihkan wajah. Sisa-sisa make up pun masih menempel karena tidak dibersihkan. Tanpa anda sadari, ternyata sisa-sisa make up tersebut akan menimbulkan masalah bagi wajah anda. Sisa make up akan menyumbat pori-pori kulit, sehingga mengakibatkan munculnya jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *