Khasiat Daun Alpukat untuk Atasi Batu Ginjal dan Darah Tinggi

daun alpukat untuk batu ginjalAlpukat (avocado), selain diambil buahnya sebagai bahan minuman atau salad buah, atau juga untuk masker alpukat, ternyata bisa juga diambil daunnya untuk mendapatkan khasiat obat dan penyembuhan untuk penyakit-penyakit tertentu. Pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja khasiat dari daun alpukat untuk kesehatan, serta bagaimana cara mengolah daun alpukat ini untuk mendapatkan khasiat kesehatan tersebut. Mari kita simak.

Khasiat Daun Alpukat:

Daun alpukat sejak lama dipercaya mampu mengatasi beberapa jenis penyakit, antara lain:

  • Batu ginjal
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol

Daun alpukat sebagai obat penyakit batu ginjal, tekanan darah tinggi, dan kolesterol:

Penyakit batu ginjal, banyak diderita oleh orang-orang yang sering menahan buang air kecil terlalu lama, atau orang-orang yang aktivitasnya lebih banyak duduk. Penyakit batu ginjal ini disebabkan oleh adanya penggumpalan pada ginjal, atau saluran kemih, yang menghambat aliran air seni dan kerja ginjal. Biasanya ditandai dengan rasa sakit yang luar biasa pada area ginjal dan perut.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi atau hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis karena tekanan darah di arteri meningkat. Akibatnya, jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah melalui pembuluh darah. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama terjadinya stroke, gagal jantung, serangan jantung, hingga gagal ginjal.

Beberapa penyakit tersebut dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi daun alpukat. Daun alpukat dapat menetralisir tekanan darah, serta sebagai peluruh batu ginjal. Beberapa orang yang telah merasakan manfaat mengkonsumsi daun alpukat merasakan perih saat buang air kecil di minggu awalnya. Ternyata, itu adalah beberapa pertanda bahwa peluruhan batu ginjal sedang terjadi.

Cara mengolah daun alpukat sebagai obat batu ginjal dan hipertensi (tekanan darah tinggi):

Cara utama mengolah daun alpukat sebagai obat herbal adalah dengan meminum air rebusan daun alpukat. Berikut ini adalah caranya:

  1. Pilih 3 hingga 5 helai daun alpukat yang tidak terlalu tua, namun tidak terlalu muda, bersihkan.
  2. Rebus 3 gelas air bersih hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, kecilkan api dan masukkan daun alpukat ke dalam rebusan.
  4. Biarkan mendidih hingga air tersisa sekitar 2 gelas.
  5. Angkat dan turunkan suhunya hingga hangat.
  6. Minum air rebusan ini selagi hangat.
  7. Tambahkan madu, atau sesuai selera.
  8. Minumlah ramuan ini 2 – 3 kali setiap hari selama 2 minggu, maka penyakit batu ginjal dan hipertensi akan sembuh, Insya Allah.

 

Nah, semoga artikel cara mengatasi hipertensi dan penyakit batu ginjal menggunakan daun alpukat ini bisa bermanfaat buat Anda. Jangan lupa like atau share artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *