Mengenal Penyebab Kulit Kering dan Cara Penanganannya

Memiliki jenis kulit kering menjadi masalah bagi beberapa orang karena kulit tampak tidak segar dan justru malah menjadikan mereka kelihatan lebih tua. Bagi mereka berkulit kering, entah karena alasan apapun, pasti ada kalanya rasa gatal bisa timbul, hanya dengan menyembunyikan kulit kering dengan sarung tangan atau memakai celana panjang (jika kulit tangan dan kaki yang kering) tidak akan membantu. Oleh karena itu, intip beberapa penyebab serta cara penanganan bagi kulit yang kering.

kulit kering

Apa Saja Penyebab dan Solusi untuk Kulit yang Kering?

Ada beberapa orang yang mengalami masalah kulit kering. Ketahui lebih banyak tentang penyebabnya beserta penanganan yang seharusnya dilakukan. Berikut ini beberapa penyebab terjadinya kekeringan pada kulit, serta penanganan yang harus dilakukan:

Mandi Uap (Sauna) yang Terlalu Sering

Terlalu sering mandi uap memang sangat nyaman dan membuat relaks yang membuat Anda jauh dari keadaan stres. Memang mandi uap bisa merelaksasikan tubuh dan pikiran; hanya saja, jenis kegiatan seperti ini tidak akan baik bagi kulit, apalagi bagi kulit yang aslinya sudah berjenis kering. Bagi Anda yang memiliki kulit berjenis normal pun bisa jadi kering jika terus-terusan mandi uap dengan waktu yang lama. Solusinya boleh saja mandi uap untuk mengurangi stres pada otot-otot tubuh, tapi sebaiknya tidak berlama-lama dan temperatur pun bisa diatur hangat.

Sejumlah Kondisi Kesehatan

Kondisi kulit yang sedang tidak baik bisa juga jadi penyebabnya, seperti penyakit psoriasis dan atopic dermatitis yang memang menimbulkan kemerahan pada kulit. Waspadalah karena jika kondisi kulit seperti itu maka bisa jadi tanda penyakit kelenjar tiroid yang kurang aktif atau bahkan penyakit diabetes. Kalau kondisi kulit seperti itu tidak kunjung hilang, ada baiknya untuk cek ke dokter dan biarkan kondisi tersebut mendapat penanganan medis; mungkin biasanya untuk kondisi kulit yang bermasalah akan diberikan krim sebagai obat.

Jenis Sabun Tertentu

Sabun yang kurang tepat bisa jadi adalah penyebab kulit menjadi kering, apalagi sabun untuk cuci piring yang biasanya membuat kulit tangan tidak hanya kering tapi juga kasar. Kelembaban akan sedikit demi sedikit hilang jika terus-terusan menggunakan sabun yang seperti itu. Solusinya, pilih sabun bukan hanya karena wanginya yang harum tetapi karena lembut dan bisa sekaligus melembabkan ketika dipakai. Entah itu sabun batangan atau cair, pastikan bahwa sabun tersebut cocok untuk kulit yang kering seperti yang Anda miliki supaya kondisi kulit tidak semakin parah. Biasanya sabun yang lembut tidak terlalu wangi.

Kulit Kering Disebabkan Bahan Pakaian

Jenis pakaian yang dikenakan dan bahan apa yang digunakan untuk membuat pakaian tersebut bisa termasuk penyebab kulit menjadi kering dan gatal. Ditambah juga dengan produk sabun cuci yang dipakai untuk mencuci pakaian tersebut. Kulit sebenarnya bisa rentan terkena iritasi bahkan hanya dengan produk pakaian, jadi pilihnya pakaian yang benar-benar nyaman. Solusinya, ketika ingin membeli baju, coba pilihlah produk yang didesain untuk kulit sensitif karena ini akan membuat Anda nyaman. Pakaian yang dibuat dari bahan alami dan lembut seperti sutra dan katun lebih bagus; dan sebaiknya tidak mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan polyester atau wol. Bahkan untuk sprei pun, pilih yang bahannya lembut, seperti katun, supaya tidur nyaman dan tidak akan berdampak buruk bagi kulit.

Kesimpulan

Merawat kulit kering tidak hanya dengan lotion atau pijatan. Sekalipun sudah memakai produk kecantikan dan perawatan, tetapi jika tidak memperhatikan sabun dan bahan pakaian apa yang dipakai, berapa lama dan berapa temperatur yang seharusnya diatur ketika mandi uap, serta tidak tahu masalah kulit apa yang sebelumnya dialami membuat masalah kulit yang sama akan terus muncul. Masih ada penyebab lainnya yang sebaiknya diperhatikan ketika menyadari kulit menjadi atau semakin kering sekaligus cara mengatasinya.

Perawatan dengan Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Kering

Bahan alami yang bisa Anda jadikan solusi untuk kulit kering antara lain:

Minyak Alpukat.

minyak alpukat untuk kulitMinyak alpukat mengandung sejumlah lemak yang dapat mempertahankan kelembaban dan elastisitas kulit. Pembuatannya juga cukup mudah. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai khasiat dan cara pembuatannya sudah dibahas pada artikel cara membuat minyak alpukat.

Minyak Zaitun.

Minyak zaitun sudah dikenal sejak lama mengenai khasiatnya untuk kulit. Kandungan vitamin E yang tinggi pada minyak zaitun dapat membantu melindungi kulit, serta meregenerasi kulit dengan cepat. Sehingga, sangat baik untuk membuat kulit kering teregenerasi menjadi sel kulit baru yang lebih segar. Baca lebih lanjut pada artikel sebelumnya mengenai khasiat minyak zaitun untuk kulit kering.

Sejumlah produk yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan dasarnya antara lain Lulur Organik dan Masker Wajah Organik.

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab terjadinya kulit kering, serta cara penanganannya secara benar dan tepat. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *