Langkah Membuat Sabun Pepaya Sendiri di Rumah

Untuk mendapatkan khasiat pepaya untuk kulit, selain dikonsumsi buah pepaya biasanya juga diolah menjadi masker wajah. Membuat masker pepaya untuk wajah sudah diulas AreaCewek.com sebelumnya, pada halaman berjudul Cara Membuat Masker Pepaya. Nah, selain dijadikan masker, saat ini yang juga mulai populer adalah dengan menjadikan pepaya menjadi produk perawatan kulit lainnya, yaitu sabun pepaya. Selain mudah dibuat, sabun pepaya dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kulit.

Pada artikel kali ini AreaCewek.com akan berbagi informasi mengenai khasiat sabun pepaya untuk kulit, serta bagaimana cara membuat sabun pepaya tersebut langkah demi langkah. Disimak, yuk!

Khasiat Sabun Pepaya.

Khasiat sabun pepaya tentunya tidak jauh-jauh dari khasiat pepaya itu sendiri untuk kulit. Dengan penambahan bahan berkhasiat lainnya, khasiat sabun pepaya ini tentunya akan ikut bertambah. Berikut ini sejumlah khasiat yang bisa didapatkan dari sabun pepaya:

  • Membersihkan kulit.
    Seperti khasiat sabun lainnya, sabun pepaya juga berguna untuk membersihkan kulit. Bahan sabun dapat dengan mudah mengikat kotoran yang menempel di kulit, lalu membawanya luruh bersama air bilasan.
  • Mencerahkan kulit dan membuat kulit tampak lebih putih.
    Sabun pepaya dapat membantu mencerahkan kulit. Khasiat sabun pepaya untuk mencerahkan kulit ini tentunya tidak lepas dari kandungan sejumlah mineral pada buah pepaya yang dapat membantu membuat kulit tampak lebih cerah. Bagi Anda yang ingin memiliki kulit yang tampak lebih putih dan cerah, sangat direkomendasikan untuk menggunakan sabun pepaya secara rutin. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah, atau memilih produk berkualitas yang tersedia di pasaran.
  • Menjaga vitalitas kulit dan regenerasi kulit.
    Sejumlah vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah pepaya membantu sel kulit untuk tetap melakukan regenerasi, sehingga menjaga kulit dari kekeringan, mencegah munculnya garis halus dan keriput di kulit (tanda penuaan). Apabila Anda ingin kulit Anda tampak kenyal dan kencang, sebaiknya rutin membersihkan kulit dan wajah 2 kali sehari menggunakan sabun pepaya.

Khasiat lainnya:

Anda dapat pula meningkatkan khasiat sabun pepaya yang Anda buat, dengan cara menambahkan bahan berkhasiat lainnya. Misalnya, dengan menambahkan minyak zaitun (sumber vitamin E), minyak kelapa (melembabkan kulit), atau bahan-bahan berkhasiat lainnya.

membuat sabun pepaya

Cara Membuat Sabun Pepaya Sendiri di Rumah

Setelah mengetahui khasiat dari sabun pepaya, tahap berikutnya adalah mengetahui cara membuat sendiri sabun pepaya di rumah. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan sabun pepaya yang bisa Anda lakukan.

Persiapan peralatan pembuatan sabun.

Untuk membuat sabun, persiapkan peralatan yang diperlukan sebagai berikut:

  • Pakaian pendukung keamanan:
    Goggles (kaca mata pengaman), sarung tangan plastik/karet, masker untuk melindungi pernafasan, serta baju lengan panjang. Peralatan pendukung keamanan ini diperlukan untuk menghindarkan kulit, mata, dan pernafasan dari bahaya penggunaan bahan sabun (NaOH). NaOH yang terkena di kulit dapat membuat kulit iritasi dan terbakar. Apabila terjadi kecelakaan seperti ini, segera basuh area yang terkena NaOH dengan cuka makan.
  • Wadah plastik atau stainless steel.
    Gunakan wadah plastik atau stainless steel selama proses pencampuran bahan. Jangan gunakan bahan alumunium ataupun besi, karena dapat mempengaruhi kualitas sabun, serta berpotensi merusak peralatan.
  • Termometer.
  • Sendok plastik.
  • Mixer.
    Mixer digunakan untuk mencampur bahan. Apabila tidak ada mixer, dapat menggunakan blender tangan, ataupun alat pengaduk kue secara manual.
  • Cetakan sabun.
    Dapat menggunakan cetakan es, gelas air mineral, atau membuatnya sendiri sesuai keinginan.

Persiapan bahan.

Bahan yang diperlukan, antara lain:

  • Sodium Hidroksida/Lye (NaOH).
    Bahan ini adalah bahan utama yang diperlukan untuk membuat sabun. Semu.a sabun padat dipastikan menggunakan NaOH untuk membuatnya.
  • Minyak biji pepaya.
    Untuk mendapatkan khasiat buah pepaya, tidak perlu mengambilnya dari daging buahnya. Anda cuma perlu mendapatkannya dari minyak biji pepaya.
  • Minyak kelapa.
    Minyak kelapa diperlukan untuk membuat sabun lebih bersahabat untuk kulit ketika digunakan, selain juga dapat berkhasiat untuk menjaga kelembaban kulit.
  • Minyak zaitun.
    Minyak zaitun memiliki banyak khasiat untuk kulit, terutama karena kandungan vitamin E yang sangat tinggi. Sifat minyak zaitun juga dapat membuat sabun lebih nyaman ketika digunakan.

Takaran bahan dapat Anda ukur menggunakan kalkulator sabun, yaitu alat penghitung takaran bahan pembuat sabun. Kalkulator sabun dapat Anda akses secara online di sini.

Langkah membuat sabun pepaya.

  1. Gunakan pakaian pengaman: goggles, sarung tangan, masker mulut dan hidung, serta pakaian lengan panjang.
  2. Tambahkan NaOH ke dalam air sedikit demi sedikit, lalu aduk secara perlahan hingga campuran keruh dan menjadi bening kembali. Penambahan NaOH ke dalam air ini harus dilakukan secara benar (NaOH ke air), jangan malah sebaliknya (air ke NaOH) karena langkah pencampuran yang salah dapat menimbulkan ledakan.
  3. Pada wadah yang lain, campurkan minyak zaitun dan minyak kelapa. Aduk-aduk hingga merata. Gunakan mixer bila perlu.
  4. Ukur suhu campuran NaOH dan air, serta campuran minyak zaitun dan minyak kelapa. Apabila suhu minyak lebih dingin, hangatkan hingga mencapai suhu yang setara dengan campuran NaOH dan air. Proses pemanasan minyak ini bisa dilakukan menggunakan kompor atau microwave.
  5. Saat suhu NaOH dan air, serta campuran minyak kelapa dan minyak zaitun sudah setara, campurkan keduanya lalu aduk-aduk menggunakan mixer, hingga campuran menjadi kental – padat seperti gel.
  6. Tambahkan aroma pepaya bila perlu, aduk-aduk kembali.
  7. Setelah semua bahan tercampur rata dan berwujud gel, masukkan ke dalam cetakan. Diamkan selama 24 jam.
  8. Setelah 24 jam, bahan sudah mulai mengeras dan dapat dikeluarkan dari cetakan. Apabila cetakan yang Anda gunakan adalah cetakan besar, Anda sudah dapat melakukan pemotongan sabun dan membentuknya sesuai ukuran yang diinginkan. Setelah itu, diamkan kembali selama 4 – 6 minggu dalam suhu ruang.
  9. Setelah 4 – 6 minggu, sabun sudah bisa digunakan.

Nah, demikianlah tulisan mengenai manfaat serta cara membuat sabun dari buah pepaya. Selamat mencoba. Baca pula artikel sebelumnya mengenai bahan nabati untuk merawat kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *