Manfaat dan Cara Melakukan Mandi Susu atau Milk Bath

susu untuk mandiMendapatkan kulit cantik tidak harus mengeluarkan biaya mahal. Cukup dengan merawat kulit dengan bahan alami yang mudah didapatkan, antara lain: susu. Susu merupakan bahan alami yang sangat kaya manfaatnya untuk manusia, baik untuk menjaga kesehatan tubuh maupun keindahan rambut dan kulit. Susu berkhasiat untuk mencerahkan kulit, serta membuat kulit memiliki kelembutan alami yang didapatkan dari lemak dan protein alami dari susu.

Menggunakan susu sebagai bahan mandi susu tentunya juga sangat berkhasiat untuk kulit. Susu yang dicampurkan dalam air hangat lalu digunakan untuk merendam tubuh dapat membantu mengatasi masalah iritasi kulit, serta membuat kulit dan otot lebih rileks. Hal ini tentunya baik sekali untuk menyehatkan tubuh dan kulit sekaligus. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas secara khusus mengenai mandi susu, khasiat dan cara melakukannya, serta jenis susu apa saja yang dapat digunakan untuk mandi susu. Disimak, yuk!

Khasiat Mandi Susu untuk Kulit

mandi susuSusu pada umumnya mengandung vitamin A, vitamin D, dan vitamin E, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin A dan E juga dapat sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Namun vitamin-vitamin tersebut tidak dapat diserap langsung oleh kulit, sehingga untuk mendapatkan khasiatnya, susu haruslah dikonsumsi dengan cara diminum.

Meski demikian, bukan berarti mandi susu tidak memiliki manfaat sama sekali. Sejumlah nutrisi yang terdapat dalam susu bisa didapatkan manfaatnya untuk kulit tanpa melalui proses pencernaan (diminum). Misalnya lemak dan protein yang terkandung dalam susu, dapat berkhasiat untuk menghaluskan kulit serta menghidrasi kulit sehingga kulit terhindar dari masalah kekeringan. Sehingga untuk Anda yang mengalami masalah kulit kering, sangat dianjurkan untuk rutin melakukan mandi susu.

Mandi susu juga memiliki sejumlah khasiat lainnya. Para ahli kulit menganjurkan untuk melakukan mandi susu lebih rutin apabila Anda mengalami sejumlah masalah kulit seperti gatal-gatal, luka, atau iritasi akibat penggunaan kosmetik serta iritasi akibat sinar matahari, hingga masalah kulit parah seperti xerosis dan eczema. Mandi susu dapat membantu meningkatkan kemampuan kulit melakukan penyembuhan dan regenerasi sel kulit, sehingga sejumlah masalah kulit bisa lebih lekas teratasi. Namun, apabila gangguan kulit tergolong parah dan sulit disembuhkan secara alami, ada baiknya untuk melakukan konsultasi ke dokter kulit.

Khasiat Mandi Susu untuk Rambut

Tidak hanya untuk kulit, ternyata mandi susu juga berkhasiat untuk kesehatan rambut. Kandungan lemak alami yang terdapat dalam susu dapat membantu rambut menjaga kelembaban alaminya, serta membuat rambut lebih mudah diatur. Masalah kerusakan rambut seperti rambut patah dan rontok juga dapat diatasi dengan susu. Setelah mandi susu, pastikan untuk selalu membilas kulit dan rambut agar residu susu tidak tertinggal.

Cara Melakukan Mandi Susu

cara mandi susuAda sejumlah metode dalam melakukan mandi susu. Pilihan metode tersebut tergantung penggunanya masing-masing, sesuai dengan kebutuhan kulit dan ketersediaan bahan. Berikut ini adalah tips dan cara mandi susu dari AreaCewek.com:

Bahan Campuran untuk Mandi Susu:

  • 4 gelas susu cair murni.
  • 2 sendok makan garam, atau boleh juga menggunakan garam mandi.
  • 5 tetes minyak esensial, pilihan wangi sesuai selera.
  • Pilihan bahan tambahan: madu, oat, kelopak bunga, atau aneka herbal.

Semua bahan tersebut dapat digunakan untuk 15 – 20 liter air hangat, atau bisa juga digunakan untuk 1 bathub.

Langkah-langkah Melakukan Mandi Susu:

  1. Pertama, siapkan air hangat. Apabila menggunakan bathub, isi bathub Anda dengan air hangat.
    Sebaiknya air yang digunakan untuk mandi susu adalah air hangat, karena selain lebih efektif untuk membersihkan kulit, air hangat juga dapat membuat kulit lebih rileks dan nyaman. Ini sangat baik untuk menjaga kulit tetap sehat.
  2. Tambahkan susu, garam, serta bahan tambahan ke dalam air mandi. Aduk sejenak hingga bahan larut secara sempurna dalam air.
  3. Tambahkan minyak esensial sebagai pewangi alami. Essential oil (minyak esensial) adalah pewangi alami yang sering digunakan untuk mengharumkan badan, kulit, serta banyak digunakan sebagai bahan pewangi dalam campuran air mandi. Aduk perlahan sampai bahan tercampur rata.
  4. Setelah bahan tercampur dalam air, gunakan sebagai air mandi seperti biasa. Apabila menggunakan bathub, rendam tubuh dalam bathub selama 15 menit sambil melakukan pijatan-pijatan lembut di kulit. Pijatan di kulit dapat membantu mengikis kotoran dan sel kulit mati yang masih menempel di kulit.
  5. Setelah mandi dengan air campuran susu tadi, segera bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa susu yang masih menempel di kulit, dan mencegah rasa lengket akibat residu (sisa-sisa) susu yang masih tertinggal di kulit. Setelahnya, Anda akan merasakan kulit yang lebih lembut, bersih, dan cerah.

Seberapa Sering Melakukan Mandi Susu?

Mandi susu pada dasarnya bisa dilakukan secara rutin 2 – 3 kali dalam seminggu. Pada kulit yang mengalami gangguan khusus, dapat meningkatkan penggunaannya hingga 4 kali dalam seminggu. Apabila memiliki kulit kering, kurangi penggunaan garam hingga setengahnya.

Yang paling penting dari penggunaan susu untuk mandi adalah rutinitas dan penggunaan secara teratur. Mandi susu secara rutin dan teratur sangat perlu, karena prinsip kerja mandi susu serta bahan alami pada umumnya adalah dengan memberikan khasiat secara perlahan. Sehingga, penggunaan secara sering, rutin, dan teratur, dapat membuat khasiat dari bahan alami bisa diserap sempurna oleh tubuh.

Jenis Susu yang Dapat Digunakan untuk Mandi Susu.

jenis susu untuk mandi susuSusu yang dapat digunakan untuk mandi susu adalah susu alami, baik susu cair maupun susu yang sudah berbentuk bubuk. Susu untuk mandi susu haruslah susu yang belum diberikan campuran tambahan, sehingga nutrisi dalam susu belum berubah. Akan lebih baik lagi apabila susu yang digunakan adalah susu yang baru diperah, baik itu susu sapi maupun susu domba atau susu kambing.

Apakah perlu memasak susu sebelum digunakan?

Pada dasarnya tanpa dimasak terlebih dahulu pun susu dapat digunakan untuk mandi susu. Terutama susu yang sudah siap minum atau susu yang dijual di supermarket, karena pada umumnya sudah melalui proses sterilisasi. Jenis susu yang perlu dimasak terlebih dahulu sebelum digunakan adalah susu murni yang berasal langsung dari tempat pemerahan, karena dikhawatirkan mengandung bakteri dan belum disterilisasi.

Apakah susu kental manis bisa digunakan untuk milk bath?

Di dalam susu kental manis biasanya terkandung banyak sekali gula, serta bahan pengental. Gula sangat tidak baik untuk kulit, karena bisa menghambat penyembuhan luka, sementara bahan pengental biasanya bukan bahan alami. Kandungan lainnya biasanya adalah bahan perasa makanan. Kandungan bahan-bahan tersebut menyebabkan susu kental manis sangat tidak dianjurkan untuk digunakan dalam mandi susu.

Ramuan Milk Bath Siap Pakai.

Anda pun dapat menggunakan ramuan mandi susu siap pakai yang sudah tersedia di toko-toko kosmetik dan perawatan kulit. Ramuan ini biasanya selain berisi susu, juga sudah mengandung bahan-bahan tambahan seperti madu, essential oil, serta bahan lainnya, tergantung khasiat yang ingin dicapai.

Nah, demikianlah beberapa tips mengenai mandi susu atau milk bath ini. Semoga bermanfaat buat Anda dalam membantu merawat kulit secara alami, agar kulit tetap terjaga kesehatan dan keindahannya.

Apakah Anda memiliki tips lain mengenai mandi susu atau perawatan kulit lainnya? Tuliskan pada kolom komentar di bawah.

2 thoughts on “Manfaat dan Cara Melakukan Mandi Susu atau Milk Bath

  1. Wah, gue abis dapet info manfaat susu yang oke buat kulit wajah, pas liat ini jadi keingetan, ini kan biasanya mandi yang suka diadain sblm mantenan bukan ye ? But anyway, Thanks ya infonya informatif banget.. Klo tertarik lebih dlm soal susu, bisa liat disini info appaaa aja soal susu lengkap nih >> http://goo.gl/YHrDBH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *