Manfaat Menggunakan Masker Telur Sebelum Tidur

telur untuk kulitTelur adalah sumber dari banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk rambut dan kulit. Khusus untuk kulit, telur antara lain mengandung protein, sejumlah vitamin, dan zat asam, yang dapat membantu kulit mendapatkan nutrisi agar tetap sehat. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada banyak sekali manfaat telur untuk kulit, di antaranya untuk mengencangkan, meremajakan, mencerahkan, serta mengatasi jerawat dan komedo. Semua manfaat itu bisa didapat dari putih dan kuning telur, baik yang didapatkan dengan cara dikonsumsi, maupun digunakan sebagai masker.

Khusus mengenai penggunaan telur sebagai masker, baik itu masker putih telur atau masker kuning telur, biasanya digunakan pada pagi maupun sore hari. Namun, aktivitas yang padat sering kali membuat seseorang tidak memiliki cukup waktu untuk menggunakan masker telur pada pagi maupun sore hari. Padahal, masker telur juga bisa digunakan pada malam hari, dengan khasiat yang sama. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan masker pada malam hari, ada baiknya baca dahulu baik dan buruknya menggunakan masker telur pada malam hari, seperti yang dijelaskan berikut ini.

Amankah Menggunakan Masker Telur Pada Malam Hari?

Pada dasarnya, menggunakan masker telur boleh kapan saja, baik pagi maupun sore hari, termasuk juga pada malam hari. Namun perlu diingat, bahwa telur dapat mengalami pembusukan sehingga tidak boleh digunakan terlalu lama. Segeralah membilas dan membersihkan sisa masker di wajah setelah masker telur mengering di wajah.

Termasuk pada penggunaan malam hari, tata cara penggunaan masker telur tetap sama. Gunakan seperti biasa, lalu segera dibersihkan setelah masker dirasa cukup kering. Waktu yang tepat dalam menggunakan masker ini adalah sebelum tidur, agar ketika tidur wajah cukup lembab, sehingga pada saat bangun tidur, wajah tetap segar dan tidak kusut.

Perlu diingat: jangan gunakan masker telur tanpa dibilas dan membiarkannya selama tidur. Bilas wajah dan bersihkan sisa masker sesaat setelah kering.

Tata Cara Penggunaan Masker Telur

putih dan kuning telurCara penggunaan masker telur sebenarnya bisa dibaca pada artikel sebelumnya di AreaCewek.com, namun tetap akan kami sampaikan lagi di artikel ini. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan cara menggunakan masker putih telur dan masker kuning telur secara bergantian. Berikut ini cara-caranya:

Cara Menggunakan Masker Putih Telur

  1. Pecahkan cangkang telur, dan tempatkan putih telur dan kuning telur pada wadah terpisah.
  2. Untuk penggunaan rutin, tambahkan 1 sendok teh sari jeruk nipis.
  3. Aduk dan campur sampai rata.
  4. Basahi wajah dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk.
  5. Selagi wajah masih lembab dan hangat, segera balurkan masker putih telur yang sudah dibuat sampai merata.
  6. Selama membalurkan masker, lakukan pijatan-pijatan lembut di kulit.
  7. Diamkan hingga kering, selama 15 – 30 menit.
  8. Setelah masker kering di wajah, bilas sebanyak 2 kali. Bilasan pertama menggunakan air hangat, lalu berikutnya dengan air biasa atau air dingin. Air hangat berguna untuk membuka pori, sementara air dingin berguna untuk menutup pori-pori kulit kembali.
  9. Segera keringkan wajah dengan handuk bersih setelah semua proses selesai.

Baca pula artikel mengenai cara menggunakan masker putih telur dan manfaatnya, untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Cara Menggunakan Masker Kuning Telur

perawatan masker telurKuning telur yang sudah dipisahkan dari putih telur dapat segera digunakan. Boleh digunakan dengan dicampurkan madu, garam, atau jeruk nipis. Namun, tanpa campuran pun kuning telur cukup memiliki banyak khasiat untuk kulit.

Cara menggunakan masker kuning telur cukup mudah, yaitu cukup dengan mengocok telur selama 1 menit hingga berbusa. Oleskan masker kuning telur tersebut di wajah sambil dipijat-pijat. Diamkan selama 15 – 30 menit, atau hingga dirasa cukup kering, kemudian bilas dengan air hangat, lalu dilanjutkan dengan membilas menggunakan air dingin. Pastikan tidak ada sisa masker di wajah.

Untuk menghindari bau amis dan bau anyir, Anda dapat menggunakan campuran jeruk nipis dan minyak zaitun, atau minyak zaitun dengan minyak esensial (melati, mawar, atau wewangian lainnya), lalu oleskan di wajah setelah menggunakan masker telur.

Campuran Masker Telur yang Bisa Digunakan

jeruk nipisPenggunaan masker telur di atas dapat dilakukan secara berurutan, boleh menggunakan putih telur dahulu, atau boleh juga menggunakan kuning telur dahulu. Anda juga dapat mencampurkan sejumlah bahan lainnya pada masker tersebut, tergantung pada khasiat yang ingin didapatkan. Misalnya, mencampurkan jeruk nipis untuk mencerahkan wajah dan mengatasi jerawat, mencampurkan madu untuk mengempeskan jerawat, atau mencampurkan minyak zaitun untuk mengencangkan dan meremajakan kulit serta mencegah penuaan dini.

Sejumlah campuran lain bisa juga digunakan, seperti gula atau garam kasar, untuk mendapatkan khasiat scrub untuk mengangkat sel kulit mati.

Agar Khasiat Masker Telur Bisa Maksimal

kulit bercahayaPenggunaan bahan alami sebagai bahan perawatan kulit biasanya tidak menampakkan hasil dalam waktu singkat, termasuk penggunaan masker telur ini. Penggunaan bahan alami haruslah dilakukan secara rutin, berkala, dan teratur, agar hasilnya bisa maksimal. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan masker sebagai perawatan rutin untuk kulit. Dengan perawatan rutin, hasil yang didapat juga pasti lebih baik dan lebih sempurna.

Selama perawatan menggunakan masker, sebaiknya juga hindari penggunaan kosmetik dari bahan kimia, agar kulit bisa lebih mudah menyesuaikan diri dengan bahan aktif dalam telur. Dengan mudahnya kulit menyesuaikan diri maka kulit pun terhindar dari iritasi, alergi, dan gangguan lainnya.

Selalu gunakan air hangat untuk membasuh wajah sebelum penggunaan masker telur, agar pori-pori kulit terbuka lebih lebar sehingga memaksimalkan pembersihan kulit sampai ke dalam pori. Setelah penggunaan masker, bilas dengan air hangat terlebih dahulu agar sisa masker dapat dibersihkan sampai ke dalam pori. Lalu pada bilasan terakhir, gunakan air dingin atau air biasa, supaya pori-pori kulit kembali menutup.

Jangan menggunakan masker terlalu lama, atau menunda membilas masker, untuk menghindari timbulnya bau tak sedap dari masker. Bau tak sedap biasanya terjadi akibat pembusukan yang terjadi akibat masker yang terlambat dibersihkan.

 

Demikianlah beberapa tips mengenai penggunaan masker telur pada malam hari. Semoga bermanfaat buat Anda dan semua orang yang Anda cintai. Tetap gunakan bahan alami untuk merawat kulit Anda.

Selamat mencoba tips-tips dari AreaCewek.com, dan selamat melanjutkan aktivitas. :)

One thought on “Manfaat Menggunakan Masker Telur Sebelum Tidur

  1. Kulit wajahq gelap bnget n q pngen mutihin secara almi tetapi bagusan mana menggunakan masker putih telur atau bengkoang dengan penggunaan setiap hari dan saya pertama kali mencoba masker putih telur ya alhamdulillh kulit terasa lebih kencang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *