Manfaat Putih dan Kuning Telur untuk Kulit dan Wajah

tabel nutrisi telurTelur memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, terutama karena kandungan protein yang sangat dibutuhkan untuk memperbaiki dan memperbarui sel tubuh dan tentunya sangat baik pula untuk kulit. Kandungan lainnya dari telur adalah vitamin A yang sangat ampuh sebagai cara mengobati jerawat, mengobati eczema, psoriasis, menghilangkkan bekas luka serta mengatasi iritasi akibat paparan sinar matahari. Vitamin A yang terdapat pada telur juga ampuh untuk mengatasi peradangan pada kulit, dan banyak masalah kulit lainnya.

Pada tabel nutrisi di samping bisa kita lihat sejumlah zat gizi yang terdapat pada telur, dan dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan protein adalah senilai 31g, vitamin A senilai 24%, serta 340mg sodium. Sodium adalah zat yang sangat penting yang dibutuhkan oleh kulit untuk mengencangkan kulit serta, mengurangi kerutan halus, dan mengatasi penuaan dini pada kulit dan wajah.

Tips Memilih Telur yang Baik untuk Kulit

telurDalam memilih telur yang baik untuk kulit, sebenarnya tidak terlalu jauh bedanya dengan pemilihan telur untuk konsumsi. Namun, sesuaikan pilihan ukuran telur dengan kebutuhan kulit kita. Apabila digunakan hanya untuk wajah, pilihlah telur yang ukurannya lebih kecil. Apabila digunakan pula untuk area kulit yang lain, atau untuk masker rambut, pilihlah telur yang ukurannya lebih besar. Pertimbangkan pula menambahkan jumlah telur sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Telur yang baik haruslah telur yang segar, yaitu telur yang baru saja dipanen. Telur yang baru dipanen biasanya masih bebas residu serta kerusakan, yang mungkin diakibatkan oleh pendistribusian, waktu kirim, dan lain-lainnya. Telur yang baru dipanen biasanya memiliki warna kulit yang lebih cerah dan tidak pucat.

Pilihlah telur yang kulitnya bersih, tidak ada keretakan (apalagi pecah), serta berwarna cerah dan tidak ada bercak pada kulitnya. Lakukan goncangan kecil pada telur, dan rasakan getaran yang terjadi di dalamnya. Telur yang baik biasanya ketika dilakukan goncangan kecil, tidak terdapat getaran atau bunyi, sementara telur yang sudah tidak baik akan terdapat getaran atau bunyi tertentu ketika digoncang.

Pertimbangkan pula melakukan senter telur, yaitu melihat isi telur pada cahaya lampu agar terlihat posisi dan kondisi kuning telur. Pada telur yang masih baik, posisi kuning telur tepat berada di tengah-tengah telur. Apabila posisi kuning telur tidak berada di tengah-tengah maka kemungkinan telur sudah kurang baik.

Cara Mendapatkan Manfaat Telur untuk Kulit

Untuk mendapatkan manfaat nutrisi dari telur untuk tubuh bisa dengan dikonsumsi, baik itu dikonsumsi secara langsung (dalam kondisi mentah), atau dijadikan olahan makanan agar lebih nikmat.

Sementara, untuk mendapatkan khasiat telur untuk kulit biasanya digunakan sebagai masker wajah, bahan campuran masker, dan sebagainya. Setelah ini AreaCewek.com akan berbagi cara sederhana membuat dan memakai masker telur untuk wajah dan kulit.

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Telur untuk Kulit

masker telurMasker telur bisa dibuat dengan cara yang sederhana, yaitu sesuai dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Ambil 1 butir telur yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan penggunaan.
  2. Siapkan 2 mangkok, pecahkan telur dan pisahkan putih telur dan kuning telur masing-masing pada wadah yang berbeda.
  3. Pada tahap pertama, yaitu menggunakan masker putih telur. Ambillah wadah berisi putih telur, lalu campurkan dengan setengah sendok teh air perasan jeruk lemon. Anda dapat menggunakan jeruk nipis apabila tidak terdapat jeruk lemon. Kocok hingga rata.
  4. Basahi handuk bersih dengan air hangat, lalu usapkan pada wajah secara merata. Handuk hangat dan basah berguna untuk membersihkan kulit dari kotoran padat, serta untuk membuka pori-pori kulit agar kulit dapat meresap nutrisi dari telur sehingga manfaatnya bisa didapatkan secara maksimal.
  5. Selagi wajah masih hangat dan lembab, segera usapkan masker putih telur yang sudah disiapkan tadi. Usapkan dengan pijatan perlahan dan gerakan memutar agar membantu kulit meresap putih telur secara sempurna. Hindari area sekitar mata dan bibir.
  6. Diamkan sekitar 15 – 30 menit, hingga masker terasa kering di wajah.
  7. Selagi proses menunggu ini, ada baiknya Anda juga menyiapkan masker kuning telur untuk digunakan setelah ini. Kocok kuning telur pada wadah menggunakan sendok hingga berbusa.
  8. Pilihan: Anda juga dapat mencampurkan dengan 1 – 2 tetes madu sebagai anti inflamasi.
  9. Setelah masker putih telur terasa kering dan mengeras di wajah, gunakan handuk hangat sekali lagi untuk mengusap wajah. Usaplah wajah menggunakan handuk hangat ini hingga tidak ada lagi sisa-sisa masker putih telur di wajah.
  10. Selagi wajah masih lembab dan hangat, kali ini usapkan masker kuning telur pada wajah. Lakukan dengan gerakan memutar dan pijatan lembut.
  11. Diamkan lagi selama 15 – 30 menit, atau tunggu hingga masker kuning telur ini terasa kering di wajah.
  12. Setelah kering, basuh wajah dengan air hangat hingga wajah bersih.
  13. Pada langkah terakhir, gunakan air biasa atau air dingin untuk bilasan terakhir agar pori-pori kulit kembali menutup.

Lakukan 1 – 2 kali dalam seminggu, atau pada kasus tertentu boleh ditingkatkan hingga 3 kali seminggu.

Masker putih telur dan masker kuning telur ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah, mengatasi jerawat, mengencangkan kulit, mengatasi kerutan, serta membuat kulit selalu awet muda.

Masker Putih Telur dan Kuning Telur untuk Kulit yang Lebih Kencang

masker putih telur untuk mengencangkan kulitSegera setelah Anda menjalankan langkah-langkah penggunaan masker telur di atas, kulit akan terasa lebih kencang. Hal ini karena selama proses tersebut, kulit langsung menerima nutrisi dari telur dan segera memperbaiki sel kulit yang rusak. Pada penggunaan rutin dan jangka waktu yang lebih lama, masker putih dan kuning telur ini dapat membantu mengatasi kerutan yang diakibatkan penuaan dan stress kulit.

Karena manfaat di atas, maka masker putih telur serta masker kuning telur ini sangat dianjurkan untuk Anda yang sudah memasuki usia dewasa, atau bagi Anda yang memiliki aktifitas yang padat yang dapat menyebabkan kerusakan dan stres kulit.

Manfaat Lainnya dari Telur: Menyerap Minyak Berlebih dan Mengatasi Komedo

Masker telur, terutama putih telur yang sudah dijabarkan pada langkah di atas, juga dapat membantu mengurangi kelebihan minyak pada kulit. Dengan penggunaan yang benar, masker putih telur ini dapat sangat efektif menyerap minyak pada kulit serta pori-pori kulit sehingga sangat ampuh untuk mengurangi masalah komedo.

Secara keseluruhan, penggunaan masker telur untuk kulit sangat membantu memenuhi nutrisi untuk kulit. Dengan terpenuhinya nutrisi kulit maka akan membantu kulit untuk tampil lebih sehat tampil lebih cantik. Juga akan membantu dan memudahkan Anda untuk membuat kulit lebih putih dan cerah, melawan radikal bebas, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Selamat mencoba cara-cara di atas, dan pastikan Anda tetap mendapatkan manfaat dari bahan-bahan alami untuk kulit dan kesehatan Anda. Selamat melanjutkan aktivitas, dan jangan lupa untuk terus berbagi informasi dengan membantu menyebarkan informasi ini melalui facebook, twitter, dan lain sebagainya. Apabila terdapat pertanyaan, dapat dituliskan melalui kolom komentar di bagian bawah. :)

3 thoughts on “Manfaat Putih dan Kuning Telur untuk Kulit dan Wajah

  1. thks infonya,. aku lgi nyoba maskeran nih krna mukaku jg jerawatan,?? kira kira hasilnya bisa dilihat brpa x percobaan ya ?? ohya klo pake telur ayam biasa aja bisa kan ?? tnpa campuran apa” ?? trs ada gan sih dampak negatifnya maskeran dengan putih telur untk remaja umur 17 thnan ?? krna umurku 17 thn thks pls reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *