Masker Rumahan dari Bengkoang

AreaCewek.com – Setiap orang ingin memiliki penampilan yang menarik. Berbagai perawatan mereka lakukan untuk menunjang penampilan mereka. Bahkan mereka rela mengeluarkan biaya besar untuk melakukan perawatan. Salah satu bagian yang sering mereka rawat adalah kulit. Sebenarnya untuk memperoleh kulit yang indah tidak harus mahal. Anda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan yang sudah disediakan oleh alam.

Selain murah, menggunakan bahan alami tidak akan menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh kita. Saat ini telah banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai referensi untuk perawatan kulit, misalnya tomat, jeruk, pepaya, strawberry, pisang, bengkoang, alpukat, dan masih banyak lagi. Artikel ini akan membahas mengenai penggunaan bengkoang sebagai salah satu masker rumahan. Penyebutan masker rumahan sendiri dikarenakan oleh proses pembuatan dan penggunaannya yang dapat dilakukan di rumah.

Siapa yang tidak mengenal buah bengkoang? Buah yang sering dijadikan rujak oleh masyarakat ini, selain segar untuk dimakan bengkoang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ini sangat bermanfaat terutama untuk merawat kecantikan kulit. Banyak orang menggunakan bengkoang sebagai masker. Selain sifatnya yang alami, harganya juga dapat dijangkau. Hal inilah yang menyebabkan buah bengkoang sangat cocok untuk digunakan sebagai masker rumahan.

Bengkoang sendiri mengandung beberapa zat seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamim A, vitamin B1, vitamin C, dan zat besi. Beberapa zat yang terkandung di dalam bengkoang tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Hal inilah yang sering membuat beberapa perusahaan kosmetik menjadikan bengkoang sebagai salah satu bahan campuran dari produknya.

Cara Membuat Masker Bengkoang

Cara membuat masker bengkoang sendiri yaitu:

  1. Pilih bengkoang yang masih segar. Kemudian kupas kulitnya dan cuci bengkoang hingga bersih.
  2. Bengkoang yang sudah dikupas dan dicuci bersih ini kemudian di parut hingga halus.
  3. Setelah itu, peras hasil parutan bengkoang tadi menggunakan saringan, dan masukkan ke dalam gelas atau mangkok. Diamkan air perasan tersebut sekitar satu jam.
  4. Setelah didiamkan, maka akan terbentuk endapan di bagian bawah gelas atau mangkok. Hasil endapan itulah yang akan digunakan sebagai masker.

Cara Menggunakan Masker Bengkoang.

Cara penggunaan maskernya sendiri yaitu, wajah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan masker bengkoang ke seluruh wajah. Oleskan secara merata agar memperoleh hasil yang lebih baik. Setelah rata, diamkan masker selama beberapa menit, tunggu hingga masker kering seluruhnya. Setelah kering, bilas masker dengan menggunakan air bersih, dan handuk untuk mengeringkannya.

Pemakaian rutin dari masker bengkoang ini dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit, diantaranya adalah untuk mencegah penuaan dini. Buah bengkoang mengandung antioksidan yang mampu mencegah kulit keriput. Antioksidan akan memecah kolagen yang merupakan penyebab timbulnya keriput. Selain itu, buah bengkoang juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kulit menjadi tampak tua.

Masker bengkoang ini juga dapat menyegarkan dan memutihkan kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin B1 dan vitamin C, serta mineral yang ada dalam bengkoang. Vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit. Begitu banyaknya manfaat bengkoang untuk kulit, selain segar, kulit juga menjadi lebih sehat. Penggunaan masker bengkoang secara teratur juga dapat membantu menghilangkan noda hitam di wajah serta menghilangkan jerawat. Sehingga disarankan, sebaiknya penggunaan masker ini dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mempercepat hasil.

Baca: Merk Masker Bengkoang yang Bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *