Masker Rumahan untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Mencerahkan kulit wajah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan masker wajah racikan dari bahan alami. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Mau tau cara membuat masker rumahan untuk mencerahkan wajah? AreaCewek.com kali ini akan tuntas membahas cara membuat masker wajah untuk mencerahkan kulit dari bahan alami.

Cara Mencerahkan Wajah dengan Metode Alami.

Pertama: Membersihkan Kulit.

Mendapatkan kulit wajah yang cerah sebenarnya mudah saja. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenai kebersihan kulit wajah. Kulit wajah yang bersih, bebas dari berbagai debu, kotoran, serta sel kulit mati akan senantiasa terlihat lebih cerah.

Membersihkan kulit secara tuntas dan alami dapat dilakukan dengan perawatan menggunakan masker wajah yang mengandung scrub, agar dapat membantu mengikis kotoran dan sel kulit mati yang menempel kuat di kulit. Selain itu, gunakan pula masker dari bahan alami yang mampu meningkatkan tone kulit. Tulisan ini juga akan membahas resep masker rumahan yang dapat membersihkan kulit secara tuntas. Jadi, dibaca terus yaa…

Kedua: Menghindarkan Kulit dari Terik Sinar Matahari.

Langkah berikutnya setelah membersihkan kulit adalah, dengan menghindarkan kulit dari terik panas sinar matahari. Terik matahari yang berlebihan dapat meningkatkan kerja melanin di kulit, yaitu pigmen yang berperan melindungi kulit secara alami dari panas terik, dengan cara membuat kulit lebih gelap. Kulit yang menjadi gelap karena sering terpapar sinar matahari adalah karena kerja pigmen melanin ini dalam melindungi kulit.

memilih tabir suryaUntuk itu, agar kulit senantiasa terlihat cerah dan putih secara alami, maka hindari paparan sinar matahari di kulit, agar kerja melanin tidak berlebihan. Caranya:

  • bisa dengan mengurangi aktivitas di luar ruangan atau di bawah terik matahari;
  • menggunakan pakaian dan aksesoris yang melindungi kulit dari sinar matahari;
  • menggunakan sunblock atau tabir surya;

Resep Masker Rumahan untuk Mencerahkan Kulit.

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, bahwa kunci pertama untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah adalah dengan menjaga kebersihan kulit. Agar kebersihan kulit bisa tuntas, bahan alami yang digunakan haruslah yang mengandung scrub, agar mampu mengikis debu dan kotoran serta sel kulit mati yang menempel kuat di kulit. Selain itu, dianjurkan pula untuk menggunakan bahan alami yang dapat berperan meningkatkan tone wajah, sehingga selain efektif membersihkan kulit, juga efektif menjadikan kulit tampak lebih cerah.

Berikut ini beberapa resep masker wajah alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan dan membersihkan kulit wajah:

Masker Wajah Bengkoang untuk Mencerahkan Kulit.

Resep masker rumahan yang pertama akan kita bahas adalah masker bengkoang. Masker bengkoang merupakan salah satu masker yang paling banyak digunakan pada produk-produk perawatan kulit. Khasiat utamanya adalah untuk mencerahkan kulit, dan membuat kulit menjadi tampak lebih putih secara alami.masker untuk mencerahkan kulit dengan bengkoang

Kandungan utama dari bengkoang adalah vitamin C, yang kadar kandungannya ternyata sangat tinggi. Vitamin C, selain sebagai antioksidan, ternyata juga merupakan agen pencerah kulit alami yang bisa bekerja dari luar kulit. Selain itu, vitamin C juga membantu menjaga kondisi kulit dan mencegahnya dari kerusakan.

Agar khasiat masker bengkoang kali ini bisa lebih hebat lagi, kita akan menambahkan 2 bahan alami lagi ke dalam masker yang akan dibuat, yaitu: minyak zaitun dan susu.

Minyak zaitun merupakan minyak nabati yang sejak dulu digunakan di berbagai negara sebagai bahan perawatan kulit. Khasiatnya adalah meregenerasi kulit, membuat kulit lebih kencang dan membuatnya terasa lebih lembab. Kandungan utama vitamin E pada minyak zaitun inilah yang bekerja di kulit, sehingga bisa didapatkan khasiat-khasiat hebat tersebut. Sebagai alternatif, terutama pada kulit kering, Anda dapat menggunakan minyak alpukat, yang lebih efektif digunakan pada kulit kering.

Bahan berikutnya adalah susu murni, yang berperan untuk menghaluskan kulit dan membuatnya lebih cerah. Susu juga dapat berperan membuat kulit lebih elastis dan kenyal, sehingga sangat nyaman ketika disentuh.

Cara Membuat Masker Bengkoang Pencerah Wajah.

Persiapan bahan:

  • 1 umbi bengkoang, pilih yang cukup tua. Kupas, cuci bersih, lalu potong dadu.
  • 1 gelas air matang, untuk membantu melumatkan bengkoang.
  • 1 sendok teh minyak zaitun. Pilih non-flavored olive oil, atau virgin olive oil.
  • 1 sendok makan susu cair murni.

Langkah membuat:

  1. Lumatkan bengkoang menggunakan blender, agar menjadi lumat dan halus. Tambahkan air apabila perlu, agar proses pelumatan.
  2. Gunakan alat saringan santan, lalu saring bengkoang yang sudah diblender, agar didapatkan sari bengkoangnya.
  3. Tempatkan air atau sari bengkoang dalam wadah gelas atau mangkok, lalu diamkan hingga 1 malam.
  4. Setelah 1 malam didiamkan, sari bengkoang di dalam wadah akan terlihat mengendap. Endapan pada dasar gelas dapat terlihat dengan jelas. Endapan inilah yang disebut pati bengkoang, bahan yang akan digunakan sebagai masker wajah.
  5. Buang air bengkoang (bagian atas), hingga habis dan didapatkan endapan pati bengkoangnya saja.
  6. Tambahkan minyak zaitun dan susu, lalu aduk hingga rata.

Selesai tahap ini, masker sudah siap digunakan.

Cara Menggunakan Masker Bengkoang yang Benar.

Masker bengkoang yang sudah dibuat pada langkah di atas sudah dapat Anda gunakan. Namun, agar hasilnya bisa maksimal, cara menggunakannya harus benar. Berikut ini langkah menggunakan masker bengkoang yang benar:

  1. Basuh wajah dengan air hangat, keringkan dengan handuk. Membasuh wajah dengan air hangat ini bertujuan agar pori-pori terbuka lebih lebar, sehingga dapat dibersihkan hingga dalam.
  2. Selagi wajah masih basah dan terasa lembab, balurkan masker disertai pijatan ke seluruh wajah. Gerakan pijatan sebaiknya adalah gerakan memutar atau membuat lingkaran-lingkaran kecil. Lakukan pijatan selama 1 – 2 menit.
  3. Diamkan masker di wajah selama sekurang-kurangnya 30 menit, agar bahan aktif masker dapat bekerja dan diserap di kulit. Selama 30 menit ini, masker akan terasa keras di wajah. Warna masker juga akan berubah menjadi putih.
  4. Setelah 30 menit, basuh wajah menggunakan air hangat terlebih dahulu, hingga semua kotoran dan sisa-sisa masker luruh di kulit. Penggunaan air hangat ini agar sisa masker bisa benar-benar dikeluarkan kembali dari pori-pori kulit. Setelah itu, basuh kembali wajah menggunakan air biasa atau air yang lebih dingin, agar pori-pori kulit kembali mengecil.

Selamat mencoba resep masker bengkoang ini.

Coba Produk Pencerah dan Pemutih Kulit Racikan Kami!

Coba pula beberapa produk racikan tim AreaCewek.com: Lulur Pemutih Organik, yang terbuat dari bengkoang untuk memutihkan kulit tubuh Anda; serta Masker Organik Bengkoang, masker wajah yang dibuat dari bengkoang dan sejumlah racikan herbal untuk mencerahkan dan memutihkan kulit Anda. Lulur dan masker racikan kami dijamin aman dan alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *