Masker Rumahan untuk Merawat Kulit Sehari-hari

AreaCewek.com – Kesehatan kulit sangat penting untuk diperhatikan. Perlu dilakukan perawatan secara rutin agar kesehatan kulit tetap terjaga. Kadang kala perawatan di salon dapat menghabiskan waktu dan uang kita, namun hal tersebut bukan menjadi penghalang untuk kita melakukan perawatan.

Tanpa peralatan di salon, kita tetap dapat melakukan perawatan kulit di rumah. Selain murah, bahannya juga alami. Sehingga tidak membahayakan bagi tubuh kita. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan masker ala rumahan. Kita dapat menggunakan buah-buahan atau bahan-bahan alami lainnya yang dapat menyehatkan kulit.

Resep Masker yang Dapat Dibuat di Rumah.

Beberapa masker yang biasanya dibuat di rumah antara lain sebagai berikut.

Masker madu dan lemon.

Madu dapat membantu menghaluskan kulit, sedangkan lemon dapat membantu mencerahkan dan mencegah timbulnya jerawat di wajah. Cara membuatnya yaitu campurkan air perasan lemon dan madu dengan perbandingan 1 : 1. Aduk hingga merata. Kemudian oleskan pada kulit wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Diamkan sekitar 10 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

Masker buah alpukat dan yoghurt.

Kandungan vitamin dan lemak di dalam alpukat dapat membantu melembabkan kulit kering anda. Yoghurt mengandung asam laktat dan asam alfa hidroksi yang berfungsi menghaluskan kulit. Cara pembuatannya yaitu dengan mencampurkan yoghurt ke dalam buah alpukat yang sudah dihaluskan. Kemudian dioleskan pada wajah dan didiamkan selama 20 menit. Selanjutnya bilas dengan air.

Masker timun dan tomat.

Masker ini biasa digunakan pada kulit berminyak. Kandungan likopen dalam tomat berfungsi untuk melindungi kulit dari kanker. Tomat juga mengandung vitamin C yang membantu mencerahkan kulit. campuran tomat dan timun dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Cara membuatnya adalah tomat dan timun dihaluskan dengan perbandingan 2 : 1. Oleskan pada wajah dengan gerakan memutar. Tunggu hingga 15 menit. Kemudian bilas dengan air.

Masker coklat bubuk dan stroberi.

Masker ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Penggunaan stroberi dipilih karena dapat membantu mencegah munculnya jerawat, komedo, dan noda hitam di wajah. Selain itu juga dapat membantu mengatsi kulit kering dan berminyak. Cara penggunaannya, yaitu hancurkan stroberi dengan garpu, dan tambahkan sedikit bubuk coklat. Kemudian oleskan pada wajah dan tunggu hingga 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Masker pepaya.

Masker ini berfungsi untuk melembutkan kulit, dan membuat kulit menjadi awet muda. Caranya yaitu, haluskan daging pepaya yang sudah matang dengan cara diblender. Setelah halus dan menyerupai pasta, oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

Masker kopi dan coklat.

Masker ini dapat membantu menghilangkan wajah yang kusam, sehingga wajah menjadi tampak cerah. Cara membuatnya adalah campurkan 4 sendok coklat bubuk, 4 sendok kopi bubuk, 8 sendok susu, 2 sendok madu, dan 2 sendok air lemon. Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Masker susu dan lemon.

Manfaat yang diperoleh dari penggunaan masker ini adalah memperoleh kulit yang cerah, kadar minyak pada wajah menjadi berkurang, dan kulit menjadi lembab. Cara menggunakannya adalah, siapkan 1 sendok makan susu full cream, 2 sendok teh air lemon, dan 1 iris kecil lemon. Kemudian campurkan bahan-bahan tersebut hingga rata. Diamkan 3-4 jam hingga mengental. Kemudian hasil yang sudah mengental dioleskan pada wajah dan didiamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air.

Demikianlah beberapa resep membuat masker wajah alami untuk merawat wajah sehari-hari. Baca pula: Resep Masker Rumahan untuk Mencerahkan Wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *