Membuat Masker Peeling Wajah dari Mentimun

Salah satu jenis produk masker perawatan wajah yang paling banyak disukai adalah jenis peeling mask. Masker peeling wajah ini adalah jenis masker yang bisa dikupas, atau dibersihkan dengan cara dikupas. Sensasi ketika mengupas masker ini dari wajah Anda pasti sangat menyenangkan. Selain itu, hasil yang didapatkan terutama dalam hal kebersihan dan kemampuan mengangkat sel kulit mati, sangat memuaskan.

cara membuat peeling mask mentimunMasker jenis peeling mask ini biasanya bisa didapatkan di toko-toko kosmetik atau toko produk perawatan kulit, dengan harga yang bervariasi, dan dengan bahan aktif tertentu. Namun, jika Anda ingin mencoba membuatnya dari bahan alami, hal itu juga bisa dilakukan. Kali ini AreaCewek.com akan membahas secara tuntas mengenai cara membuat masker peeling wajah dari mentimun. Pada bagian akhir juga akan dijelaskan khasiat-khasiat masker mentimun ini untuk kulit. Disimak, ya…

Cara Membuat Masker Peeling Wajah dari Mentimun dan Gelatin.

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan masker kupas, atau peeling wajah dari bahan nabati mentimun:

Bahan Resep Masker:

Bahan yang diperlukan untuk membuat masker ini, antara lain:

  • 1/2 buah mentimun. Apabila buahnya kecil, gunakan 1 buah. Gunakan 1/2 saja apabila ukuran buah cukup besar.
  • teh hijau. Teh hijau dapat diambil dari teh hijau celup. Ambil teh hijau dari 1 kantung teh.
  • gel aloe vera, 1/2 gelas kecil.
  • gelatin. Gelatin sering dijadikan bahan kue, bisa didapatkan di toko-toko bahan dapur/bahan kue.
  • 3/4 gelas air.

Langkah dan Cara Membuat:

  1. Rebus air menggunakan panci kecil, tambahkan teh, aduk-aduk. Lalu, tambahkan gelatin. Aduk-aduk kembali hingga encer. Tuang dalam mangkok.
  2. Segera cuci bersih mentimun, lalu kupas dan potong-potong, lalu lumatkan menggunakan blender hingga benar-benar lumat.
  3. Campurkan hasil lumatan mentimun dengan campuran teh dan gelatin, aduk-aduk hingga tercampur rata, lalu tambahkan gel aloe vera. Kocok agak keras agar gel aloe vera tercampur dengan bahan lainnya. Diamkan hingga suhu hangat-hangat kuku, masker siap digunakan.

Cara menggunakan masker peeling wajah yang sudah dibuat:

Masker yang sudah dibuat bisa langsung digunakan. Sebaiknya basuh wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat, lalu keringkan dengan handuk bersih. Gunakan kuas kosmetik untuk membalurkan masker pada wajah Anda. Apabila tidak terdapat kuas kosmetik, Anda bisa menggunakan ujung jari. Diamkan hingga masker benar-benar dingin dan mulai padat.

Setelah masker di wajah padat, bisa langsung dibersihkan dengan cara dikupas. Kupaslah dari tepi ke arah tengah, hingga semua bagian masker bersih tak bersisa. Anda akan mendapati kotoran dan sel kulit mati, bahkan komedo, menempel di masker.

Apabila perlu, basuh kembali wajah Anda dengan air hangat, lalu basuh kembali dengan air dingin, agar pembersihan lebih dalam.

Tips:

Setelah membaluri wajah dengan masker, diamkan sejenak. Buatlah 2 irisan mentimun, lalu tempelkan irisan mentimun ini menutupi lingkaran sekitar mata. Posisikan tubuh dalam keadaan berbaring, sambil menunggu masker mengeras. Cara ini akan membantu meredakan lingkaran mata gelap atau mata panda, serta masalah mata sayu dan kantung mata.

Khasiat Masker Mentimun untuk Kulit.

Masker mentimun yang Anda buat pada proses di atas, memiliki banyak sekali khasiat untuk kulit, karena mentimun adalah salah satu bahan nabati yang mengandung berbagai mineral dan vitamin yang diperlukan oleh kulit. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada mentimun, dan berkhasiat untuk kulit:

Air.
Air adalah komponen utama dan terbesar yang terdapat pada mentimun. Air merupakan moisturizer atau pelembab alami bagi kulit, agar kulit terhindar dari kekeringan.

Vitamin C.
Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, penyebab kerusakan dan penuaan dini pada kulit. Vitamin C juga mendukung pembentukan kolagen di bawah jaringan kulit. Kolagen merupakan protein yang mengikat jaringan kulit dan jaringan tubuh lainnya, membantu kulit lebih kencang. Kekurangan kolagen akan membuat kulit kasar, terdapat banyak garis-garis halus, hingga terdapat kerutan-kerutan.

Vitamin B1.
Peran dan khasiat vitamin B1 adalah untuk membantu memperlancar sirkulasi darah. Darah membawa dan mendisribusikan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh, sehingga sirkulasi darah yang lancar akan ikut memperbaiki distribusi nutrisi, termasuk ke jaringan kulit. Kulit pun akan lebih sehat.

Biotin.
Kandungan biotin pada mentimun berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan kulit secara umum. Biotin membantu menghindarkan kulit dari berbagai gangguan, seperti infeksi dan inflamasi, gangguan jamur, hingga kelainan kulit seperti eksim.

Potassium.
Berikutnya adalah potassium, yaitu mineral yang membantu menjaga fungsi sel dan jaringan kulit bekerja secara normal.

**

Nah, demikianlah pembahasan mengenai cara membuat masker peeling wajah dari bahan nabati mentimun. Selain mudah didapatkan, ternyata mentimun juga sangat baik dan berkhasiat untuk kulit, bukan? Maskernya juga tentunya sangat mudah dibuat.

Selamat mencoba membuat masker peeling wajah menggunakan resep di atas. Tuliskan pertanyaan Anda terkait resep di atas, atau seputar perawatan kulit, pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda. Selamat beraktivitas.

One thought on “Membuat Masker Peeling Wajah dari Mentimun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *