Mengobati Iritasi Kulit Akibat Kosmetik yang Tidak Cocok

mentimun untuk kulit iritasiIritasi kulit sering kali terjadi pada tipe kulit sensitif. Iritasi kulit ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa perih, perubahan warna menjadi kemerahan, hingga munculnya luka pada bagian terluar kulit. Kondisi ini tentunya bisa sangat mengganggu kenyamanan, yang akibatnya aktivitas juga ikut terganggu.

Iritasi kulit bisa terjadi akibat kulit terpapar cukup lama di bawah sinar matahari, adanya kotoran atau bahan lain yang menempel di kulit, faktor makanan yang tidak cocok (alergi), dan lain sebagainya. Namun, yang cukup banyak terjadi adalah iritasi yang disebabkan oleh penggunaan produk kosmetik atau produk perawatan kulit yang tidak cocok atau produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Meski demikian, ada cara tertentu yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi atau mengobati iritasi kulit. Caranya pun cukup mudah, dan dilakukan dengan cara-cara alami.

Cara Mengobati Iritasi Kulit Akibat Kosmetik yang Tidak Cocok

Untuk mengobati iritasi kulit akibat kosmetik yang tidak cocok bisa dilakukan dengan cara di bawah ini:

Mengatasi Iritasi Kulit dengan Masker Mentimun

mentimun untuk iritasi kulitMentimun (cucumber) berkhasiat untuk mendinginkan kulit dan memberi nutrisi dan mineral yang cukup untuk kulit, sehingga sangat baik untuk mengatasi iritasi kulit. Sensasi dingin dari mentimun dapat mendinginkan kulit dan mengurangi rasa perih yang timbul akibat iritasi. Masker yang dibuat dari mentimun juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan penipisan kulit yang diakibatkan oleh iritasi. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat masker mentimun:

  1. Siapkan 1 buah mentimun, cuci hingga bersih, lalu kupas dan buang kulitnya.
  2. Buah mentimun yang sudah dikupas kemudian dicincang hingga hancur.
    Tips: sisakan 2 irisan tipis untuk masker mata.
  3. Campurkan 1 sendok teh madu murni. Madu berguna untuk membantu meredakan peradangan (anti inflamasi).
  4. Basuh wajah dengan air hingga bersih, lalu keringkan dengan handuk.
  5. Balurkan masker mentimun yang sudah dibuat ke semua area wajah (kecuali daerah mata dan bibir).
  6. Diamkan hingga 15 – 30 menit.
    Tips: gunakan irisan tipis untuk ditempelkan menutupi mata, untuk membantu mengatasi stress atau mata lelah, mengurangi efek mata panda (lingkaran hitam di sekitar mata), menghilangkan kantung mata, serta untuk menyegarkan penglihatan. Gunakan dengan posisi berbaring.
  7. Setelah 30 menit, bersihkan sisa masker dengan air dingin, lalu keringkan kembali dengan handuk.

Setelah menggunakan masker ini, Anda akan merasakan sensasi yang lebih nyaman dan rasa perih yang mulai berkurang.

Lakukan secara rutin setiap hari hingga iritasi benar-benar sembuh.

Mengobati iritasi kulit dengan Masker Organik.

Masker Wajah Organik - Sari BengkoangMasker Organik Sari Bengkoang adalah masker wajah yang terbuat dari bahan alami, di antaranya: bengkoang, beras, dan minyak zaitun. Khasiat utamanya adalah untuk mencerahkan dan membuat kulit tampak lebih putih. Namun, sensasi dingin yang ditimbulkan saat pemakaian dapat mengurangi iritasi pada kulit. Masker Wajah Organik ini juga mengandung minyak zaitun sebagai bahan/agen anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan akibat iritasi. Sangat cocok digunakan sebagai terapi kulit apabila kulit mengalami iritasi atau gangguan akibat salah penggunaan bahan kosmetik.

Setelah mendapatkan masker organik (klik di sini untuk pemesanan), ikuti petunjuk penggunaannya lalu balurkan di seluruh area wajah atau area yang terkena iritasi. Apabila iritasi cukup parah, usapkan perlahan tanpa dilakukan pemijatan. Diamkan selama 15 – 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Penggunaan masker organik secara benar akan membantu mengurangi iritasi secara cepat. Gunakan pula Lulur Organik untuk penggunaan pada area tubuh (selain wajah), agar manfaatnya dirasakan secara menyeluruh. Penggunaan masker dan lulur organik secara teratur dapat membantu mengatasi kerusakan kulit akibat salah penggunaan kosmetik.

Mengobati iritasi kulit dengan bengkoang.

masker bengkoangBengkoang adalah salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk merawat kulit, di antaranya untuk membuat kulit putih dan mulus. Namun bukan berarti bengkoang tidak cocok untuk digunakan pada kulit sensitif dan untuk menyembuhkan iritasi. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada bengkoang dapat membantu menambah nutrisi kulit, dan menjaga kesehatan kulit serta membantu proses penyembuhan iritasi. Rasa dingin dan nyaman saat menggunakan bengkoang di kulit juga membantu meredakan perih akibat iritasi.

Cara penggunaannya juga cukup sederhana, yaitu dengan memanfaatkan sari pati bengkoang yang diekstrak dari umbi bengkoang. Sari pati ini kemudian dibalurkan di wajah secara lembut, lalu didiamkan hingga mengering, kemudian dibilas dengan air bersih.

Anda juga dapat memanfaatkan perasan bengkoang untuk membasuh muka. Ada baiknya jika dicampurkan beberapa tetes minyak zaitun atau madu murni.

Mengurangi Perih Iritasi dengan Yogurt

Yogurt adalah produk olahan dari susu, yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Yogurt yang dalam kondisi dingin dapat digunakan untuk mendinginkan kulit dan mengurangi perih/nyeri akibat iritasi kulit, sehingga dapat digunakan untuk kulit yang mengalami luka dan iritasi. Selain itu, yogurt juga dapat membuat kulit setingkat lebih cerah.

Yogurt yang dapat digunakan untuk perawatan kulit yang iritasi adalah yogurt dengan rasa plain, yaitu yogurt yang masih asli. Simpan yogurt di lemari es hingga terasa cukup dingin, lalu balurkan pada kulit yang mengalami iritasi. Bilas dengan air biasa, dan gunakan handuk untuk mengeringkan kulit.

Mengobati Kerusakan Kulit yang Diakibatkan Kosmetik Berbahaya Menggunakan Minyak Zaitun

minyak zaitun untuk kulitMinyak zaitun atau olive oil merupakan ‘minyak ajaib’ yang memberikan banyak sekali manfaat untuk kulit. Minyak zaitun dapat berperan sebagai anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan pada area kulit. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin E dalam dosis yang cukup tinggi, yang cukup untuk memberikan nutrisi bagi kulit. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin E merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan kulit untuk memperbarui sel kulit.  Kandungan vitamin E yang tinggi dari minyak zaitun inilah yang membuat minyak zaitun sangat tepat digunakan untuk mengobati kerusakan kulit akibat salah penggunaan kosmetik.

Kerusakan kulit akibat kosmetik yang tidak tepat sebenarnya adalah kerusakan sel kulit yang disebabkan oleh bahan berbahaya atau bahan yang tidak cocok dengan kulit. Misalnya pada penggunaan kosmetik tertentu yang mengandung merkuri, yang dapat menyebabkan kulit seperti terbakar. Penggunaan minyak zaitun pada kondisi kulit seperti ini dapat membantu penyembuhan, karena sel kulit yang mati atau rusak akibat merkuri tersebut segera diganti dengan proses yang lebih cepat akibat adanya vitamin E.

Cara mengobati kerusakan kulit dengan minyak zaitun:

Cara mengobati iritasi dan kerusakan kulit dengan minyak zaitun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun secara langsung di kulit yang mengalami iritasi. Diamkan sejenak dan biarkan vitamin E dan nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun bekerja dan diserap oleh kulit, lalu bilas secara perlahan.

Tips:

Pilihlah minyak zaitun murni (pure virgin olive oil). Minyak zaitun jenis ini lebih bagus kualitasnya untuk digunakan pada kulit.

Apabila mengalami kesulitan untuk mendapatkan minyak zaitun, Anda dapat menggunakan Lulur Organik yang sudah mengandung bengkoang, dan minyak zaitun, yang sangat cocok digunakan untuk membantu mengobati iritasi kulit akibat kosmetik berbahaya. Dengan menggunakan lulur ini nutrisi kulit juga dapat benar-benar terpenuhi, karena lulur organik mengandung vitamin E dan vitamin C sekaligus, dan dapat digunakan untuk wajah dan tubuh.

Tips Menghindari Iritasi Kulit

Agar iritasi kulit tidak mudah terjadi, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Kenali jenis kulit Anda, karena dengan mengetahui jenis kulit maka Anda dapat dengan mudah memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Pilihlah produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Lebih baik lagi jika produk tersebut dibuat dari bahan-bahan alami dan bebas bahan kimia berbahaya.
  • Pastikan produk perawatan kulit Anda aman.
  • Kurangi resiko paparan terik matahari dengan penggunaan tabir surya (misalnya sun screen cream), atau penggunaan pakaian yang cukup melindungi kulit dari terik matahari.
  • Segera bersihkan kulit apabila terdapat debu dan kotoran.

Nah, demikianlah beberapa tips dan cara mengobati iritasi kulit akibat kesalahan penggunaan kosmetik. Semoga bermanfaat.

Silakan informasi ini dibagikan ke teman-teman Anda melalui facebook, twitter, google+, atau social media yang lain. Jika ada pertanyaan, tuliskan pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bagian bawah halaman ini.

One thought on “Mengobati Iritasi Kulit Akibat Kosmetik yang Tidak Cocok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *