Tips dan Metode Perawatan Telinga Yang Benar

cara merawat telinga

Areacewek.com – Telinga sebagai salah satu alat indera yang berfungsi untuk mendengar. Kebersihan dan kesehatan telinga harus dijaga dengan baik, agar fungsi telinga sebagai alat pendengaran dapat berfungsi secara optimal. Sehingga perlu dilakukan perawatan khusus untuk memperoleh telinga yang bersih dan sehat sesuai keinginan kita, di antaranya adalah sebagai berikut.

Tidak mengorek kotoran di dalam telinga dengan menggunakan cotton bud. Hal ini hanya mengakibatkan kotoran di dalam telinga akan semakin terdorong masuk. Pada saat tertentu telinga akan mengeluarkan kotoranya sendiri, sehingga kita tidak perlu membersihkannya dengan cotton bud.

Membersihkan telinga dengan kain basah. Menurut ahli THT, membersihkan bagian dalam telinga yang berwarna coklat kehitaman tidak baik untuk dilakukan. Hal ini karena kotoran tersebut berfungsi sebagai pelindung telinga dari serangga agar tidak dapat masuk ke telinga.

Jangan menggaruk telinga. Ketika telinga merasa gatal, kita dilarang untuk menggaruknya. Telinga yang gatal ini biasanya disebabkan oleh eksim atau virus lainnya. Sehingga kita dilarang menggaruk telinga karena dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi. Kita dianjurkan untuk ke dokter jika mengalami tanda-tanda tersebut, untuk menghindari infeksi yang lebih parah.

Kurangi penggunaan headset. Sering kali kita melihat orang mendengarkan musik dengan suara keras menggunakan headset. Hal tersebut sangat tidak baik untuk ditiru, karena lama kelamaan dapat menimbulkan kesulitan telinga dalam mendengar. Sebaiknya kita menggunakan headset hanya pada saat-saat tertentu saja, misalnya telepon. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesulitan dalam mendengar.

Kenali infeksi pada telinga. Ada 2 macam infeksi yang sering terjadi pada telinga kita, yaitu infeksi telinga luar dan tengah. Ciri-ciri infeksi telinga luar adalah telinga sakit, bengkak, atau mungkin bernanah. Obatnya dapat berupa tetesan antibiotik. Sementara itu, ciri-ciri infeksi telinga tengah biasanya terjadi pada gendang telinga. Pada penderita seperti ini biasanya diberi obat tablet antibiotik dan obat tetes.

Tidak mendengarkan musik terlalu keras. Mandengarkan musik yang terlalu keras akan merusak sel-sel rambut. Hal ini menyebabkan lama-lama pendengaran menjadi berkurang. Sehingga sangat disarankan untuk mendengarkan musik dengan volume yang normal, agar kesehatan telinga tetap terjaga.

Hindari lokasi yang bising. Lokasi yang bising akan menyebabkan fungsi telinga lama-lama menurun. Sehingga pada akhirnya telinga menjadi rusak. Orang yang bekerja di dekat mesin, seperti di kapal, pabrik, atau industri lainnya, akan lebih besar terkena resiko rusaknya pendengaran. Sehingga beruntunglah anda yang berada jauh dari kebisingan.

Hindari terjadinya tamparan di bagian telinga. Tamparan tersebut dapat mengakibatkan gendang telinga berlubang. Kebanyakan dari mereka yang pernah mengalaminya, kejadian ini dapat sembuh setelah 6 minggu. Meskipun demikian, pendengaran tetap berkurang, tidak akan normal seperti sebelumnya.

Menggunakan penutup telinga pada saat berenang. Saat berenang, air sering kali memaksa masuk ke dalam telinga. Sehingga hal ini dapat memungkinkan terjadinya gangguan pada gendang telinga, dan mengakibatkan gangguan pada indera pendengaran.

Menutup hidung dan meniup telinga saat melakukan perjalanan dengan pesawat. Akibat perbedaan tekanan udara, terkadang telinga kita akan merasa sakit saat berada di dalam pesawat. Hal ini lama kelamaan akan membuat gangguan pada telinga. Cara mengatasinya kita dapat menutup hidung dan meniup telinga dengan lembut, atau dapat juga dengan menguap.

Berkonsultasi dengan dokter. Rutin memeriksakan telinga ke dokter dapat membuat kita tahu tentang kondisi kesehatan telinga kita saat ini. Sehingga apabila terdapat penyakit di telinga kita, dapat diantisipasi sedini mungkin, agar tidak berakibat fatal kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *