Minyak Alpukat: Cara Membuat dan Khasiat untuk Kulit

minyak alpukat untuk kulitBanyak wanita mulai melirik perawatan kulit menggunakan buah-buahan yang dicampur dengan madu atau susu misalnya, dan alpukat adalah salah satu buah yang paling sering dijadikan masker. Bagaimana dengan khasiat minyak alpukat untuk kulit? Apakah sama seperti ketika menggunakan masker alpukat? Lalu adakah tips menggunakan minyak alpukat untuk perawatan kulit di rumah?

Bermacam-macam Khasiat dari Minyak Alpukat untuk Kulit

Alpukat sangat berkhasiat untuk kulit sehingga para wanita tidak lagi perlu terlalu mengandalkan produk kecantikan berbahan kimia. Selain dibuat sebagai masker, minyak alpukat juga banyak ditemui dan digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Apa saja nutrisi yang terkandung di dalam minyak alpukat dan apa manfaatnya bagi kulit?

  1. Kalium dan lesitin keduanya terkandung di dalam minyak alpukat yang tidak hanya bagus untuk kulit tapi juga bisa digunakan untuk mengurangi kerusakan pada rambut.
  2. Antioksidan jelas terkandung di dalam minyak alpukat sehingga kulit yang telah rusak karena paparan sinar matahari bisa dipulihkan. Antioksidan berupa vitamin E, D dan A tentu sangat bagus digunakan apalagi oleh orang yang berkulit kering.
  3. Sterolin merupakan nutrisi yang akan membantu mencegah tanda-tanda penuaan; bahkan kulit pun bisa dibuat lebih lembut dengan kandungan yang tinggi ini.
  4. Lemak dan protein ada di dalam minyak alpukat dan lemak yang satu ini tidak jahat. Ada lemak omega 3 yang biasanya ditemukan pada minyak ikan juga terkandung di dalam buah alpukat sehingga bagus untuk dijadikan lotion dan digunakan setiap hari.

Kelebihan Minyak Alpukat.

Apakah hanya itu saja kelebihan dari minyak alpukat? Simak beberapa khasiat lain yang bisa dipertimbangkan ketika berencana untuk membeli minyak alpukat untuk perawatan kulit.

  1. Kulit akan selalu dalam keadaan lembab dengan minyak alpukat sehingga bagi yang memiliki kulit kering dan sering gatal-gatal, ini dia solusi tepat. Minyak ini mudah dan cepat terserap dalam kulit hanya dalam sekali aplikasi jadi pasti sangat berguna.
  2. Tidak hanya kulit tubuh atau wajah saja yang bisa dirawat dengan minyak alpukat, tapi juga kulit kepala Anda. Kalau kulit kepala sering gatal dan terasa kering, masalah ini akan teratasi dengan minyak alpukat; pertumbuhan rambut pun juga akan terstimulasi jika digunakan secara teratur.
  3. Kulit selalu membutuhkan kolagen dan inilah yang juga akan dipenuhi oleh minyak alpukat sehingga kulit tetap halus, kencang, kenyal dan jauh dari penuaan.

Cara Pemakaian Minyak Alpukat

minyak alpukat dan khasiatnyaUntuk perawatan kulit, pastikan bahwa setiap habis mandi, biarkan kulit terhidrasi dengan baik; pakai lotion buatan sendiri (campuran dari minyak zaitun dan minyak alpukat). Pemakaian dua kali sehari setiap hari akan membantu mendapatkan hasil yang terbaik. Jika ingin wanginya beda, bisa juga tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender atau melati. Sedangkan untuk pelembab wajah, cukup ambil kulit alpukat dan gosok-gosokkan ke kulit wajah secara merata setiap malam sebelum tidur. Biarkan semalaman dan baru dicuci bersih ketika bangun di pagi hari.

Untuk perawatan tubuh, mandilah dengan minyak alpukat dan rasakan khasiat minyak alpukat untuk kulit setelahnya. Hanya dengan mencampur dua cangkir minyak alpukat dengan minyak almond dan dihangatkan di atas sebuah panci serta tambahkan dua teh hijau celup. Ketika sudah dingin, masukkan dua tetes minyak mawar, empat tetes ylang-ylang, delapan minyak kamomil, dan sepuluh tetes minyak lavender; tempatkan di dalam botol selama 24 jam supaya tercampur dengan baik dan tuang ke bak mandi sekitar dua ons saja.

 

Sekalipun mungkin belum pernah merawat kulit dengan minyak alpukat, setidaknya pasti pernah dengar tentang beberapa khasiat dari minyak ini. Memang alpukat dikenal sebagai buah yang baik untuk kesehatan dan biasanya disantap dengan es atau dijadikan salad, tapi alpukat juga bisa dibuat minyak yang pastinya sangat berguna untuk mencerahkan dan menutrisi kulit. Tahukah Anda cara membuat minyak alpukat sendiri di rumah? Jika belum tahu, di bawah ini bahasan tentang minyak alpukat berikut cara membuatnya.

5 Manfaat Alpukat yang Baik untuk Kulit

masker alpukat untuk kulit keringAlpukat sendiri adalah buah yang dipercaya baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit; banyak wanita membuat masker sendiri dengan menggunakan alpukat sebagai bahan utamanya. Namun, kalau bicara soal minyak alpukat, apa yang bisa didapatkan ketika menggunakan minyak ini?

  • Untuk keadaan darurat yang berhubungan dengan medis, minyak alpukat bisa diandalkan karena orang-orang menggunakannya sebagai obat luka lecet dan luka bakar. Bahkan minyak ini juga sangat aman untuk bayi dalam mengatasi masalah iritasi akibat menggunakan popok.
  • Penyakit kulit bisa diobati dengan minyak alpukat, seperti halnya psoriasis dan eksim. Penyakit seperti ini memang harus mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat supaya kerusakan kulit bisa dihindari.
  • Untuk kulit yang kering, minyak alpukat bisa sangat bermanfaat karena mengandung kolagen yang tinggi sehingga kulit yang dirawat dengan minyak ini akan terlihat awet muda dan bahkan terasa kenyal.
  • Tidak hanya kulit wajah saja yang perlu dirawat dengan baik, tapi kulit kepala pun juga butuh perawatan yang tepat. Minyak alpukat akan mengatasi masalah gangguan kulit kepala, seperti gatal dan kering. Suburkan rambut dengan minyak alpukat juga bisa dicoba.
  • Dengan minyak alpukat, kulit akan menjadi lembab karena minyak itu sendiri sangat mudah terserap. Bagi yang bermasalah dengan kulit kering, ini solusi efektif yang layak untuk dicoba.

Resep Minyak Alpukat Bisa Dicoba di Rumah

alpukat untuk rambutBeberapa orang mungkin terkejut karena tidak menyangka bahwa minyak alpukat bisa sebegitu bermanfaatnya bagi kulit. Namun, daripada membelinya di luar yang belum tentu asli tanpa campuran, Anda dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan langkah pembuatan yang sangat sederhana:

Bahan membuat minyak alpukat:

  • Santan kelapa kental (1 liter)
  • Alpukat matang (2 kg)

Cara membuat:

  1. Daging buah alpukat bisa diambil lebih dulu untuk ditaruh di blender dan setelah itu baru ditambahkan dengan santan yang tadi sudah disiapkan.
  2. Mulai memblender dan biarkan hingga bahan-bahan tercampur rata dan pastikan campurannya tidak ada yang menggumpal tapi berbentuk pasta dengan warna yang rata.
  3. Campuran yang sudah diblender bisa dituang ke panci anti lengket untuk dipanaskan dengan api kecil sambil terus diaduk.
  4. Matikan kompor ketika minyak alaminya sudah terlihat keluar dan kemudian campuran yang sudah jadi bisa dituang ke atas kain yang bersih. Minyak dan ampas alpukat harus dipisahkan, untuk itu peras kainnya supaya minyak bisa keluar. Setiap tetesan minyak itulah yang harus ditampung dengan botol atau wadah lain yang bersih.
  5. Tutup rapat-rapat wadah tempat minyak dituang supaya daya tahan minyak bisa dijaga. Setelah itu, minyak siap dipakai kapanpun dibutuhkan.

Cara membuat minyak alpukat benar-benar mudah dan khasiatnya pun luar biasa. Anda bisa menggunakannya sebagai lotion setiap hari atau ketika membutuhkannya. Supaya khasiatnya lebih maksimal, diamkan saja dulu beberapa saat sebelum digunakan.


Demikianlah jabaran dan informasi mengenai minyak alpukat. Tentunya artikel ini dapat menambah khasanah pengetahuan kita mengenai pengobatan-pengobatan alami untuk kesehatan kulit. Baca pula khasiat minyak zaitun, serta khasiat jeruk lemon untuk kulit pada artikel AreaCewek.com sebelumnya.

2 thoughts on “Minyak Alpukat: Cara Membuat dan Khasiat untuk Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *