Minyak Zaitun untuk Merawat Kulit Kering

minyak zaitun untuk kulitKulit kering adalah jenis kulit yang cukup rumit perawatannya. Akibat kurangnya cairan serta minyak yang melembabkan dan melindungi kulit, kulit menjadi kering, mudah pecah, dan rentan terkelupas. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu, misalnya rasa tidak nyaman, perih, serta penampilan yang juga akan terlihat kurang nyaman.

Masalah kulit kering ini bisa diatasi dengan beberapa cara, baik itu untuk mengatasi secara sementara, maupun untuk menjadikan masalah kulit kering ini tuntas untuk jangka waktu yang lebih lama. Namun pada artikel kali ini kita akan membahas cara sederhana, yang dapat secara cepat dan instan mengatasi masalah kulit kering, sekaligus dalam jangka panjang apabila digunakan terus menerus akan menuntaskan masalah kulit kering. Silakan disimak.

Mengatasi Masalah Kulit Kering dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang diambil dari buah zaitun. Dibandingkan dengan minyak kelapa atau minyak sawit, minyak zaitun lebih lembut karena partikel dan teksturnya yang lebih halus. Minyak zaitun juga tidak terlalu melengket ketika bersentuhan dengan kulit, sehingga memberikan rasa nyaman di kulit jika dibandingkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun.

Selain digunakan untuk bahan makanan, sejak lama minyak zaitun juga digunakan sebagai salah satu bahan utama untuk perawatan kesehatan, perawatan rambut, hingga untuk menjaga kelembutan dan kesehatan kulit. Hal ini karena kandungan vitamin E yang dimiliki minyak zaitun, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, rambut, dan kulit.

Khusus untuk kulit, minyak zaitun dapat menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Minyak zaitun dapat melembutkan kulit, dan membuatnya terasa kenyak dan kencang seperti kulit remaja. Selain itu, minyak zaitun juga dapat dengan cepat mengatasi inflamasi atau peradangan dan bengkak yang terjadi pada kulit, sehingga sangat baik digunakan untuk mengatasi memar akibat benturan, serta untuk mengecilkan jerawat.

Pada kulit kering khususnya, minyak zaitun akan bekerja menghaluskan kulit serta menjaga kelembaban kulit dari luar. Khasiatnya dalam membantu regenerasi sel kulit juga akan membuat sel-sel kulit yang mati akibat kurangnya cairan tubuh segera dengan cepat terganti dengan sel baru yang lebih sehat. Hasilnya, kulit menjadi lebih lembut dan halus, lebih nyaman, bebas iritasi, serta terasa lebih lembab dan bebas pecah-pecah.

Cara Penggunaan Minyak Zaitun untuk Kulit Kering

Cara penggunaan minyak zaitun untuk mengatasi masalah kulit kering sebenarnya cukup mudah, yaitu cukup dengan menjadikan minyak zaitun sebagai pengganti krim malam. Oleskan minyak zaitun menjelang tidur pada sejumlah area tubuh, misalnya siku, lengan, telapak dan punggung tangan, wajah, serta lutut dan tumit. Biarkan minyak zaitun bekerja di kulit selama Anda tidur.

Pada pagi hari, rasakan kulit yang berbeda dari sebelumnya, yaitu kulit yang lebih lembab, lembut dan halus. Bersihkan kulit pada pagi hari seperti biasa. Ulangi penggunaan saat sedang bersantai di rumah, sambil membaca majalah favorit, atau menonton serial tv yang Anda sukai.

Pastikan pula untuk tetap mengkonsumsi makanan yang tinggi vitamin dan mineral, seperti buah dan sayuran hijau. Juga untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Tips:

  • Konsumsi 1 sendok teh minyak zaitun setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh, serta melegakan tenggorokan, hingga melancarkan pencernaan. Selain itu, vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun juga dapat bekerja dari dalam untuk memenuhi kebutuhan vitamin E bagi rambut dan kulit Anda.
  • Oleskan minyak zaitun untuk mengatasi siku dan lutut yang terasa kasar.
  • Oleskan minyak zaitun untuk mengatasi masalah tumit pecah-pecah serta telapak kaki yang kasar.

Selamat mencoba, dan semoga informasi mengenai khasiat minyak zaitun untuk kulit ini bermanfaat. Tetaplah membaca artikel di AreaCewek.com, dan pastikan Anda mendapatkan semua manfaatnya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *