Penyebab dan Solusi Mengatasi Masalah Kulit Kering

Kulit adalah organ tubuh yang paling pertama dalam perlindungan tubuh terhadap berbagai gangguan dari luar. Sinar matahari, udara, perubahan cuaca, kotoran, dan hal-hal lainnya menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal, jangan disembunyikan atau ditutupi saja. Tuntaskan masalah kulit kering tersebut!

kulit kering dan keriputPada artikel kali ini AreaCewek.com akan secara tuntas membahas apa saja penyebab masalah kulit kering, serta bagaimana solusi atau cara mengatasi masalah kulit kering tersebut secara benar dan tepat. Dibaca terus, ya!

Cuaca Dingin

Ketika memasuki musim hujan, suhu udara cenderung lebih dingin. Begitu pula pada malam hari. Ketika suhu udara turun, kelembaban udara juga ikut turun. Udara yang kurang kelembaban dapat dengan mudah membuat kulit menjadi lebih kering. Kulit kering juga biasanya diikuti dengan rasa gatal mulai dari level rendah hingga level sangat mengganggu.

Mengatasi Kulit Kering Akibat Kurangnya Kelembaban Udara.

Nah, apabila kulit Anda menjadi lebih kering karena masalah kurangnya kelembaban udara atau cuaca dingin, bisa diatasi dengan mengaktifkan humidifier atau alat pengatur kelembaban udara untuk tetap menjaga udara di ruangan rumah tetap lembab, atur pula suhu udara agar sesuai dengan kenyamanan kulit.

Apabila memiliki kegiatan di luar saat cuaca dingin, pastikan kulit tetap terjaga kelembabannya. Lindungi kulit dengan pelembab, terutama pada daerah-daerah yang sensitif, seperti bibir, wajah, dan tangan. Selain menggunakan pelembab, gunakan pula pelindung kulit seperti jaket, sarung tangan, atau scarf.

Mandi Air Hangat

Mandi berendam di dalam bathub berisi penuh air hangat memang sangat menyenangkan dan memiliki banyak khasiat untuk tubuh, seperti melancarkan aliran darah serta rileksasi otot-otot tubuh sehingga dapat menghilangkan lelah dan stress. Meski demikian, mandi air hangat juga memiliki efek samping, yaitu menjadikan kulit lebih kering.

Mandi di air hangat atau air panas bisa membuat minyak alami yang dihasilkan kelenjar minyak di bawah kulit menjadi cepat luruh, sehingga kulit kehilangan zat penjaga kelembaban alaminya. Semakin lama durasi mandi dengan air hangat ini, akan membuat kulit menjadi semakin kering.

Cara Mengatasi Kulit Kering Akibat Mandi Air Hangat

Mandi di air dengan suhu normal tentunya lebih disarankan agar kulit terhindar dari kekeringan. Namun apabila memang menghendaki mandi dengan air hangat, sebaiknya mandi dengan durasi yang tidak terlalu lama. Setelah mandi, gunakan pelembab kulit yang mengandung minyak alami.

Salah Penggunaan Sabun

Salah satu penyebab kulit kering yang lainnya adalah karena penggunaan sabun yang kurang tepat untuk jenis kulit. Sama halnya dengan memilih bahan perawatan wajah, memilih sabun juga harus sesuai dengan jenis dan kondisi kulit. Salah penggunaan sabun hanya dapat membuat kulit yang kering menjadi lebih kering.

Kulit Kering Akibat Penuaan

Penyebab kulit kering berikutnya adalah faktor usia. Kulit akan kehilangan kolagen seiring bertambahnya usia. Kolagen adalah truktur protein di tubuh yang bekerja mengikat jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit. Kolagen yang mulai berkurang ditandai dengan kulit yang menjadi lebih kering dalam jangka waktu yang lama, dan muncul kerutan-kerutan di kulit.

Kulit kering dan keriput yang mulai muncul seiring dengan bertambahnya usia sebenarnya hal yang sangat wajar. Masalah ini menjadi tidak wajar apabila terjadi pada usia produktif, atau usia yang relatif lebih muda. Masalah kulit kering dan kerutan seperti ini biasanya disebut penuaan dini. Untuk mengatasinya, bisa dengan mengkonsumsi nutrisi pendukung seperti vitamin E, protein, serta aneka makanan bernutrisi seimbang lainnya. Perlu pula melakukan olahraga secara rutin dan berkelanjutan.

Mengatasi masalah kulit kering dan menghindari penuaan dini juga bisa dengan mengoleskan minyak zaitun di kulit menjelang tidur, atau menggunakan Lulur Organik yang mengandung vitamin E dari minyak zaitun.

Kulit Kering akibat Iritasi

Kulit kering bisa juga disebabkan iritasi, baik yang disebabkan oleh sinar matahari, alergi, air, penggunaan zat kimia di kulit, bahan pakaian, pewangi, dan berbagai penyebab lainnya. Iritasi ini ditandai dengan bermacam-macam masalah, seperti kulit kering, gatal, kulit kemerahan, dan sebagainya.

Untuk mengatasi iritasi dan masalah kulit kering yang ditimbulkannya, tentunya harus diketahui dahulu penyebab iritasi tersebut. Meski begitu, disarankan untuk menggunakan bahan perawatan kulit yang bebas dari bahan kimia dan pewangi. Gunakan bahan perawatan kulit yang menggunakan bahan organik (bahan alami).

Kulit Kering karena Kondisi Kesehatan.

Kondisi kesehatan yang tidak stabil, sedang kurang fit, atau sedang mengalami demam tinggi, juga bisa menyebabkan terjadinya masalah kulit kering. Kulit kering juga bisa menjadi tanda terjadinya beberapa jenis masalah kesehatan, seperti diabetes, psoriasis, hingga atopic dermatitis. Kulit kering yang diakibatkan masalah ini tentunya diatasi dengan menjaga agar kondisi tubuh tetap sehat, dan mengatasi masalah sakit yang sedang diderita.

 

Nah, demikianlah beberapa penyebab terjadinya masalah kulit kering, serta beberapa tips mengatasinya. Semoga bermanfaat menambah pengetahuan Anda. Baca pula artikel sebelumnya mengenai bahan nabati untuk perawatan kulit. Selamat membaca

One thought on “Penyebab dan Solusi Mengatasi Masalah Kulit Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *