Sejumlah Alasan Mengapa Merokok dapat Merusak Kulit

masalah kulit akibat merokokAda banyak sekali alasan yang bisa diungkapkan untuk berhenti merokok sekarang juga. Mungkin kita pernah atau sering membaca atau mendengar sejumlah artikel yang menyatakan bahwa paru-paru remaja yang merokok secara aktif, tidak akan berkembang secara sempurna, yang menyebabkan mereka rentan terhadap resiko terserang penyakit paru-paru. Atau artikel lainnya yang menyatakan bahwa sekitar 30% dari perokok remaja akan mengalami kesulitan untuk berhenti merokok, dan kemungkinan besar mendapatkan penyakit yang berhubungan dengan rokok yang dapat berakibat kematian. Selain itu, faktanya kebiasaan buruk dari merokok ini juga dapat meracuni kulit Anda.

Rokok, selain sangat buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, juga memberikan dampak yang sangat negatif bagi kulit, antara lain:

  • penuaan dini,
  • masalah kehitaman pada kantung mata (area di bawah mata),
  • kehilangan cahaya alami kulit,
  • rentan terhadap psoriasis.

Apakah Merokok dapat Merusak Tubuh dan Kulit?

Fakta mengenai imbas buruk merokok untuk kulit tersebut dinyatakan oleh dermatolog populer dr. Amy Wechsler. “Selain itu, rokok juga dapat menguras nutrisi dalam tubuh Anda seperti vitamin C, yang ternyata sangat dibutuhkan oleh kulit dalam perlindungan dari sinar UV.”

Hal-hal buruk lainnya dari rokok yang paling banyak menyerang adalah sesak nafas. Faktanya, merokok 1 batang rokok saja ternyata dapat mempersempit aliran darah sampai 90 menit, yang berarti Anda membuat kulit kehilangan nutrisi berupa oksigen selama satu setengah jam. Dengan begitu, terhambat pula sirkulasi elastin dan kolagen yang membuat kulit tampak bercahaya dan lebih muda. Karena darah tidak mengalir sebagaimanamestinya, wajah perokok juga akan tampak lebih “gelap” akibat kurangnya cahaya kulit.

Tapi masih ada lagi. Setiap hembusan asap rokok yang dikeluarkan, akan ikut bersamanya nikotin, bahan kimia, dan sisa pembakaran dari tembakai, terbang ke udara, yang kemudian menempel di wajah dan kulit Anda (juga kulit orang lain), dan menyebabkan peningkatan jumlah komedo pada sekitar mulut, hidung, pipi, dan lainnya. Dan tahukah Anda, bahwa setiap asap rokok yang dilepaskan itu dapat menjadi radikal bebas, yang sangat buruk dampaknya bagi kulit. Yang paling parah tentunya: kanker kulit.

Rokok, seperti yang sudah sering disampaikan, dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, meskipun banyak yang mengabaikan pentingnya kekebalan tubuh untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik. Faktanya, dalam penyembuhan penyakit, proses penyembuhan perokok akan lebih lambat dibanding bukan perokok. Perokok aktif kronis juga lebih rentan mengalami kerontokan rambut, rosacea, psiorasis, dan sejumlah gangguan lain.

Bagaimana dengan Rokok Elektrik (E-Cigaret)?

Rokok elektrik sekarang sedang menjamur. Anggapan bahwa merokok dengan rokok elektrik tidak berdampak buruk untuk kesehatan, dibandingkan dengan rokok biasa, menyebabkan rokok elektrik kini digandrungi (terutama oleh para wanita). Faktanya, rokok elektrik tetap menghasilkan nikotin! Meskipun rokok elektrik tidak menggunakan tembakau, tetap saja terdapat bahan kimia yang menghasilkan asap beracun yang meracuni paru-paru, tubuh, serta kulit Anda.

Lebih buruk lagi, tidak hanya perokok aktif yang mendapatkan semua imbas buruk ini, melainkan juga para perokok pasif, yaitu orang-orang yang tidak merokok tapi secara langsung ataupun tidak langsung bersentuhan dengan asap rokok yang dikeluarkan oleh perokok aktif. Orang-orang tersebut adalah keluarga Anda, anak-anak Anda, sahabat Anda, orang-orang yang Anda cintai, dan semua orang di sekitar Anda.

Bagaimana cara menghentikannya?

Tidak ada cara lain! Berhentilah sekarang, sebelum semuanya terlambat. Percayalah, begitu Anda mulai berhenti merokok, tubuh akan mulai bekerja membersihkan semua yang sudah dirusak dan dikotori oleh rokok. Masalahnya, proses perbaikan tubuh ini tidak bekerja dalam sehari. Butuh waktu yang mungkin tidak sebentar. Jadi, jangan tunda-tunda lagi, demi kesehatan Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

Berhenti merokok sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *