Telapak Kaki Sehat Bebas Pecah-pecah, Cukup Dirawat dengan Garam

Masalah yang terjadi di kulit telapak kaki bisa bermacam-macam, misalnya kering, kasar, hingga masalah kulit telapak kaki pecah-pecah. Pastinya masalah-masalah itu, selain membuat kaki kehilangan estetika atau keindahannya, juga sangat mengganggu sekali. Telapak kaki yang kering dan kasar sangat tidak menyenangkan kalau disentuh. Masalah kulit yang pecah-pecah juga bisa menjadi tempat favorit jamur dan bakteri hidup dan bersarang, sehingga menimbulkan rasa gatal yang sungguh sangat mengganggu.

Bagaimana cara mengatasi gangguan di telapak kaki ini? Nah, situs kesayangan kita AreaCewek.com kali ini akan membahas bagaimana cara alami merawat dan menghaluskan telapak kaki, agar telapak kaki sehat dan bebas pecah-pecah, cukup dengan scrub yang dibuat dari garam sebagai bahan utamanya. Berikut ini penjelasannya.

agar telapak kaki halus dan bebas pecah-pecah

Cara Membuat Scrub Garam untuk Menghaluskan Telapak Kaki

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahan utama yang digunakan untuk membuat scrub telapak kaki ini adalah garam. Ada 2 jenis garam yang digunakan, yaitu garam dapur biasa (garam halus) dan garam coarse, yaitu jenis garam dapur yang bulirnya lebih kasar. Garam berperan sebagai scrub untuk mengikis bagian telapak kaki yang kasar, sekaligus memberikan sejumlah mineral yang baik untuk telapak kaki.

Bahan lainnya yang diperlukan adalah 2 jenis minyak nabati, yaitu minyak zaitun dan minyak kelapa. Minyak zaitun mengandung vitamin E dalam kadar yang sangat tinggi, yang sangat baik untuk membantu regenerasi sel kulit. Sementara minyak kelapa membantu meningkatkan elastisitas kulit telapak kaki. Penggunaan secara rutin akan membuat telapak kaki terasa jauh lebih halus dan lembut. Paduan kedua minyak ini tentunya dapat memberikan nutrisi yang diperlukan oleh kulit telapak kaki.

Sebagai pilihan, Anda dapat menambahkan aneka jenis minyak esensial (essential oil) yang menjadi favorit Anda, ke dalam resep scrub ini. Minyak esensial ini dapat memberikan aroma wangi pada scrub, sehingga memberikan rasa nyaman ketika digunakan. Selain itu, aroma dari minyak esensial ini akan melengket di kulit dan memberikan aroma wangi yang menyenangkan di kaki setelah digunakan. Anda dapat memilih minyak esensial aneka bunga, seperti melati ataupun lavender, maupun minyak esensial lainnya seperti minyak esensial kulit jeruk.

Cara Membuat Scrub Perawatan Telapak Kaki dari Garam dan Minyak Nabati

Persiapan bahan

Bahan yang perlu disiapkan antara lain:

  • 6 sendok makan (sdm) garam halus
  • 2 sdm garam kasar atau garam coarse
  • 2 sdm olive oil (minyak zaitun)
  • 2 sdm minyak kelapa
  • Minyak esensial secukupnya.

Membuat Scrub Garam untuk Merawat Kulit Telapak Kaki

Membuat scrub garam ini cukup mudah. Campurkan semua bahan, masukkan ke dalam stoples (jar). Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur rata. Tutup rapat stoples agar bisa disimpan dan digunakan di kemudian hari. Simpan di tempat sejuk.

Cara Menggunakan

  1. Sebelum menggunakan scrub garam ini, basuh kaki terlebih dahulu menggunakan air hangat. Rendam kaki sejenak agar lebih rileks. Selain itu, agar kulit telapak kaki yang kasar bisa sedikit lebih lentur.
  2. Ambil scrub secukupnya menggunakan sendok bersih, tempatkan pada wadah misalnya piring plastik, ember, atau baskom.
  3. Balurkan di seluruh telapak kaki, lalu pijat dan gosok lembut agar lapisan kulit mati dan kasar pada telapak kaki bisa terkikis. Jangan pijat terlalu kuat, agar kulit terhindar dari luka.
  4. Setelah selesai memijat kaki dengan scrub ini, rendam kembali kaki sejenak dalam air hangat agar kaki kembali rileks.
  5. Bilas dan bersihkan kaki dari sisa-sisa scrub yang masih menempel.

Variasi dan Tips Tambahan

Anda dapat menambahkan irisan dari sehelai daun sirih agar scrub garam yang Anda buat dapat membantu mencegah dan membunuh kuman dan jamur. Menambahkan irisan daun sirih ini sangat baik apabila mulai terdapat gangguan gatal di kaki, seperti kutu air. Juga sangat baik untuk menangkal masalah bau kaki.

Apabila tipe kulit Anda atau kulit telapak kaki Anda merupakan tipe kulit yang mudah sensitif, ganti garam dengan gula. Gula biasanya lebih nyaman digunakan untuk kulit yang sensitif. Namun, scrub perawatan kaki yang dibuat dari gula tidak bisa disimpan untuk waktu yang lama.

Oleskan minyak zaitun setelah selesai menggunakan scrub ini agar nutrisi yang hilang dan larut saat merendam telapak kaki bisa segera diganti. Ada baiknya untuk masalah kulit telapak kaki pecah-pecah yang parah, rutin mengoleskan minyak zaitun pada malam hari menjelang tidur.

Anda juga dapat mempertimbangkan Lulur Organik untuk merawat kaki Anda, karena kandungan minyak zaitun serta susu yang baik untuk kulit, termasuk telapak kaki. Selain itu, scrub beads yang terdapat pada Lulur Organik sangat lembut namun tetap efektif untuk mengikis lapisan kulit mati dan kasar pada telapak kaki.

Selamat mencoba. Semoga tips perawatan kaki kali ini dapat memberikan manfaat besar bagi Anda. Tetap cantik, tetap semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *