Khasiat dan Cara Menggunakan Alpukat untuk Merawat Kulit

AreaCewek.com – Salah satu buah yang sudah familiar di dunia kesehatan adalah buah alpukat. Buah ini selain memiliki manfaat bagi kesehatan, juga bermanfaat bagi kecantikan. Kini bagi anda yang senang merawat kulit, tidak perlu bingung lagi. Anda tidak harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk memperoleh kulit yang sehat dan cantik.

Khasiat Buah Alpukat untuk Kulit.

Buah alpukat mampu membantu mengatasi masalah kulit, dan tentu saja menjaga kulit tetap sehat. Berikut ini beberapa khasiat buah alpukat untuk kulit Anda, serta bagaimana cara menggunakannya:

Buah alpukat mengandung lemak sehat untuk menjaga kondisi kulit kering tetap sehat.

Lemak ini berfungsi untuk menjaga lapisan kulit agar tetap lembab. Sehingga hal ini membuat kulit menjadi lebih lembut dan sehat. Selain itu, lemak yang terkandung di dalam buah alpukat juga dapat menjaga kulit anda dari sinar matahari, serta melindungi kulit dari sensitivitas dan peradangan. Sinar matahari bisa membuat kering dan terlihat kusam, sehingga dengan penggunaan masker alpukat dapat mengatasi masalah kulit kering.

Cara paling mudah mengatasi masalah kulit kering adalah dengan menggunakan alpukat dalam bentuk minyak (minyak alpukat). Baca: Cara Mendapatkan Minyak Alpukat.

Buah Alpukat Mencegah Kulit dari Radikal Bebas.

Antioksidan yang ada di dalam alpukat dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan vitamin C di dalam alpukat dapat membantu menjaga elastisitas kulit. Buah alpukat juga mengandung biotin, yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kekeringan dan bersisik. Begitu banyak kandungan zat terdapat di dalam buah alpukat, membuat alpukat sering digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit.

Cara Menggunakan Buah Alpukat untuk Merawat Kulit.

Penggunaan alpukat untuk menghaluskan kulit.

Buah alpukat dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menghaluskan daging buah alpukat terlebih dahulu. Alpukat yang sudah halus, dioleskan ke seluruh tubuh. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, agar kandungan buah alpukat dapat meresap pada kulit. Kemudian mandi dengan menggunakan air hangat.

Penggunaan alpukat untuk membersihkan wajah.

Alpukat dapat digunakan untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih di wajah. Caranya yaitu dengan menambahkan kuning telur dan susu pada daging alpukat yang sudah dihaluskan. Aduk ketiga bahan tersebut hingga tercampur merata. Setelah tercampur, anda dapat menggunakannya dengan cara mengoleskan ke wajah seperti menggunakan masker biasanya. Penggunaan masker ini dapat membuat wajah tampak lebih muda.

Penggunaan alpukat untuk scrub tangan.

Cara pembuatannya yaitu dengan menghaluskan buah alpukat terlebih dahulu. Kemudian tambahkan 1 sendok oatmeal dan air jeruk nipis, serta putih telur ke dalam alpukat yang sudah halus. Setelah bahan-bahan tersebut tercampur merata, oleskan scrub alpukat tersebut ke seluruh tangan. Diamkan hingga 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Penggunaan alpukat untuk memutihkan kulit kaki.

Caranya sangat mudah, yaitu oleskan daging alpukat yang telah dihaluskan ke seluruh bagian kaki, termasuk tumit. Kemudian pijat perlahan-lahan, agar kandungan alpukat dapat meresap. Diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Penggunaan alpukat ini selain dapat memutihkan kulit kaki, juga dapat mengatasi tumit yang pecah-pecah.

Penggunaan alpukat untuk mengatasi kulit berminyak.

Caranya adalah dengan membuat masker alpukat yang terdiri dari lemon, putih telur, dan daging alpukat. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan ketiga bahan tersebut menggunakan blender, tunggu hingga halus dan membentuk pasta. Kemudian campuran buah alpukat tersebut dioleskan pada kulit dan didiamkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Penggunaan alpukat sebagai pelembab kulit.

Cara pembuatan masker ini terdiri dari campuran alpukat, madu, dan yoghurt. Cara penggunaannya adalah campuran alpukat, madu, dan yoghurt yang sudah halus, dioleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Alpukat akan membuat kulit menjadi lembab. Kandungan madu berfungsi sebagai antiseptik. Sementara yoghurt berguna untuk membersihkan dan mengencangkan pori-pori kulit.

Nah, demikianlah informasi terkait khasiat buah alpukat untuk kulit, serta bagaimana cara memanfaatkannya. Selamat mencoba. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *