Tips Perawatan Wajah untuk Segala Jenis Kulit

Tips merawat wajahMerawat wajah tidak harus mahal. Dengan biaya minimal dan sekecil mungkin, Anda tetap bisa mendapatkan kulit wajah cantik dan sehat terawat. Meski pada tipe kulit tertentu, perawatan khusus harus dilakukan, namun pada dasarnya ada beberapa cara perawatan wajah yang bisa cocok untuk segala jenis kulit.

Pada tulisan ini AreaCewek.com berbagi tips perawatan wajah untuk semua jenis kulit. Disimak, yuk!

Bersihkan wajah 2 kali sehari.

Tips merawat wajah - membersihkan wajahKunci dari perawatan wajah, adalah menjaga kebersihan kulit wajah. Kulit wajah yang bersih biasanya merupakan pangkal kulit wajah yang sehat dan terawat. Dengan rutin dibersihkan, kulit wajah terhindar dari debu, kotoran, dan kuman, serta residu-residu yang menempel di kulit, yang bisa membuat kulit wajah kusam, jerawat, hingga warna kulit yang tidak merata. Untuk itu, bersihkanlah wajah minimal 2 kali sehari, pada pagi hari setelah bangun pagi, serta pada sore hari setelah seharian beraktivitas.

Bersihkan kulit menggunakan bahan-bahan yang bersih dan alami. Gunakan air hangat pada langkah pertama pembersihan, agar pori-pori kulit lebih terbuka sehingga pembersihan kulit bisa lebih dalam. Lanjutkan dengan mengaplikasikan pembersih, seperti face cleanser, atau bahan pembersih lain, seperti masker wajah maupun bedak dingin.

Awali bilasan dengan menggunakan air hangat, agar pori-pori kulit kembali terbuka dan proses pembilasan bisa lebih bersih, lalu akhiri dengan membasuh wajah menggunakan air dingin agar pori-pori kulit kembali menutup secara alami.

Pada langkah ini kami merekomendasikan penggunaan produk berbahan dasar alami sebagai pembersih wajah, seperti Masker Wajah Sari Bengkoang, serta Herbamask apabila wajah Anda berjerawat.

Gunakan Balancing Face Toner

Tips merawat wajah - toner wajahSetelah membersihkan wajah, biasanya rona wajah tidak merata, akibat berubahnya pH kulit wajah. Untuk itu, gunakan face toner untuk membuatnya stabil kembali, dan rona wajah kembali terlihat natural. Kegunaan face toner untuk kulit kering adalah supaya kulit kering tidak terasa lebih kering, sementara untuk kulit berminyak membuatnya tidak terasa berminyak. Face toner juga sangat baik diaplikasikan sebelum menggunakan alas bedak, moizturizer, serum, maupun face oil.

Sebelum menggunakan face toner, pastikan sudah tidak ada sisa-sisa pembersih di wajah Anda. Usap wajah menggunakan kain lembab dan hangat sebelum menggunakan face toner, lalu aplikasikan face toner di wajah Anda, baik menggunakan spray maupun kapas kosmetik. Apabila menggunakan kapas wajah, usapkan dengan lembut dan pastikan face toner diaplikasikan secara merata di seluruh area wajah.

Coba Gunakan Facial Oil

Tips merawat wajah - minyak wajahFacial oil saat ini sudah mulai populer digunakan, karena banyak kalangan sudah mulai mengetahui manfaat menggunan facial oil atau minyak wajah. Tidak hanya kulit kering, kulit berminyak pun perlu menggunakan facial oil.

Saat terbaik menggunakan facial oil adalah setelah membersihkan wajah dengan cleanser, dan setelah menggunakan face toner. Gunakan beberapa tetes facial oil, ratakan di ujung jari Anda, lalu tepuk-tepukkan di seluruh area wajah. Gunakan ujung jari untuk meratakan facial oil di wajah Anda.

Bagi Anda yang memiliki tipe wajah kombinasi atau berminyak, sebaiknya gunakan argan oil karena dapat mengatur produksi minyak di kulit serta menjaga kelembaban kulit secara alami. Bagi yang memiliki kulit kering, bisa mencoba marula oil. Bagi yang memiliki kulit yang mengalami penuaan, atau rusak karena terpapar sinar matahari, bisa menggunakan roseship oil. Namun, bagi yang bingung memilih jenis facial oil yang tepat, gunakan saja beberapa tetes minyak zaitun atau olive oil, karena bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai pengganti krim malam, lho.

Perhatikan Area Sekitar Mata

Tips merawat wajah - merawat area sekitar mataArea sekitar mata, terutama di bawah mata biasanya memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan dengan area wajah yang lainnya. Kulit yang lebih tipis biasanya lebih rentan terhadap kerusakan, perubahan warna, dan sebagainya, sehingga perlu perhatian lebih. Pada penggunaan pembersih wajah, face toner, maupun facial oil, baik itu yang berbentuk lulur, serbuk, sabun, maupun gel, sebaiknya usapkan secara lebih lembut dan perlahan di area sekitar mata agar kulit tidak terkikis secara berlebihan.

Mengusap area sekitar mata juga harus memperhatikan arah usapan, yaitu dengan gerakan melingkar. Pada area di bawah mata, gerakan mengarah ke arah hidung, sementara di atas mata gerakan ke arah luar (perhatikan gambar). Mengusap wajah dengan arah yang benar juga meningkatkan sirkulasi darah di bawah jaringan kulit.

Gunakan pelembab wajah, terutama pada area ini, agar kelembaban kulit lebih terjaga. Pada malam hari, gunakan krim malam untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada kulit.

 

Nah, demikianlah beberapa tips cara merawat wajah untuk berbagai jenis kulit. Semoga tips ini bermanfaat buat Anda. Baca pula artikel sebelumnya mengenai khasiat masker telur untuk kulit serta cara memutihkan wajah. Jangan lupa untuk bagikan dengan kawan-kawan Anda di social media, serta tuliskan pertanyaan dan tanggapan pada kolom komentar. Selamat melanjutkan aktivitas, dan tetap cantik setiap hari. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *